Siapa Copas Siapa?

Whoa, mari mulai sesi curcol di siang hari bolong. Ahem, yak mulai gelar bantal, siapkan background music syahdu, kacang, popcorn, dan ayo kita mulai.

Kemaren saat gw terbangun tengah malam (sumpah bukan buat mandi kembang), gw iseng buka hape dan ngecek e-mail. Woohoo! Fanfic gw Keajaiban Ketujuh  dapet review baru! So, dengan penuh sukacita gw baca review yang masuk.

DHUER. Gw bengong. Kenapa? Sodara-sodara, inilah sebabnya.

Nah loh!

Waduhwaduhwaduh…. Panikpanikpanik… Angspa-angspaan ini?

Yeah, gw kaget. Tiba-tiba gw tertodong dengan pertanyaan yang sukses jadi judul post kali ini, SIAPA COPAS SIAPA… 😕 Hemm…. Dan seperti biasa, gw kalo dah ‘tergelitik’ bakalan sedikit gemes dan mencoba mencari tahu siapa pelakunya (dan bayangkan kali ini gw mengenakan seragam Sherlock Holmes). Gw pun coba telusuri nickname yang disebutkan oleh informan di atas.

Ketemu sih. Tapi bukan dia. Walah, mungkin salah ketik. Lalu gw coba ubah salah satu hurufnya, dan KETEMU! Gw langsung lompat ke chapter terakhir, dimana si informan memberitahukan bahwa ada sebagian dalam paragraph yang mirip sekali (koreksi, bukan mirip lagi, tapi EMANG SAMA KOK) dengan cerita yang pernah gw tulis.

Contohnya liat disini… Fanfic tulisan gw adalah yang sebelah kiri, berjudul Keajaiban Ketujuh.  Gedein yah gambarnya biar enak liatnya :p

Hehehe, waduh, ini kok sama yaaa?

Nyehe… ketemu deh, hasil CTRL C + CTRL V. Dan gak Cuma paragraph yang ditandai aja yang sama persis, kalo dibaca terus ke bawah, maka bisa ditemukan lebih banyak lagi kalimat yang serupa dan sama.

Gw pun tinggal cengar-cengir. Ehehehehe, dah ketemu dong jawaban pertanyaan siapa kopas siapa? Yang pasti bukan gwe lhoooo, karena gw punya bukti kuat nih ^^. Tips : gedein gambarnya XD

Niii... buktinya...

Ahem. Cara termudah menurut gw untuk melihat siapa yang kopas siapa adalah dengan melirik pada tanggal publikasi. In my opinion, screenshot di atas dah cukup buat memberi bukti. If you’re clever then you can put one on one together then do the simple math. You can’t copy without the original exist first.

So, gw harap pertanyaan Siapa Copas Siapa? ini sudah terjawab sekarang 😀 Cerita gw dirilis 2 tahun yang lalu, sedangkan yang satu lagi dirilis tahun ini.

Apakah Gw Marah?

Nggak juga sih 😀 Hehehehe, karena menurut gw ini adalah bagian dari proses belajar juga. Mungkin deskripsi yang gw jabarkan ternyata masih bisa dikembangkan lagi. Si penulis fanfic If Only ini sudah melakukan kerja yang bagus, if you read her story, cara dia mengembangkan paragraf dan menuliskan alur ceritanya dah oke. Meski ada sedikit bagian yang mirip, tapi sisanya yaa cerita buatan dia. Paragraf yang serupa ini sama sekali tidak mempengaruhi alur cerita yang ia buat.

Post gw ini tidak untuk memojokkan author dari cerita If Only. Toh namanya juga baru belajar, and IMO, she have GREAT potential. I’ve been through the same process looooonggg time ago. Yah, tapi nggak gw upload dimana-mana sih, takut dihajar sama yang punya XD. Post ini murni untuk menjawab pertanyaan nona @sayaaOlga yang berjasa bertindak sebagai whistle blower (wadoh bahasa gwe) disini.

So, what’s next? Guys, kalo ada yang punya twitter, bisa tolong hubungi @sayaaOlga untuk menyampaikan klarifikasi gw? Well, I don’t have twitter dan dia gak meninggalkan alamat lain yang bisa dihubungi. Mungkin ada caranya buat kasih link post gw yang ini ke nona @sayaaOlga (gw asumsikan dia cewek yah).

Thanks before guys ^^

8 thoughts on “Siapa Copas Siapa?

  1. ahahahaha sudah kuduga jawabannya pasti dia yg copas ,
    diliat dari tata bahasanyapun sebenernya tebakanku uda njedul dikepala ,
    tapi reviewnya udah diposting kemarin malem , njedulnya baru tadi siang u.uV
    sbelumnya maaf ya kalo pertanyaanku agak kasar ==v
    jadi gak enak *tunduk muka *mengheningkan cipta (?)

    tapi setelah aku baca ceritanya hampir sama juga loh kak .o.
    yg tanggal post aku gak terlalu merhatiin , soalnya dari hapeku gak semuanya bisa dilihat ehe XD

    dengan begini aku jadi gak penasaran meskipun bikin heboh orang sekampung gyhahaha

    goodjob deh d^.^b
    arigatouu 😀

  2. hihihi masih cengar cengir aku dari kemaren gara gara baca post ini lol
    lebih dari separuh HPF yang aku kenal tau tentang fanfic keajaiban ketujuh loh 😀
    satu-satunya fanfic yang bisa ngalahin fanfic ini (menurutku) cuman just breathe , set me free , dan pieces , yaitu 3 fanfic yang berlanjut kayak HPseries hahaha
    hihihi skali lagi salut deh 😀 wkwk

  3. #ngakak# ehm.. ehm… #kalemlagi
    ceritamu kebagusan sih ka, jadi kebelet ditiru kan. hehe… #digetok
    yup! yg kau lakukan sudah sangat sesuai dan bijaksana #ncaelah bahasa gue~~:P
    sebenernya aku pengen ngomenin sikap dikau yg ehm..dewasa..ehm…
    gud job ka!
    cara yang kau pakai baik sekaliiii… padahal kan biasanya lu jutek –” wkwkwk…XD
    muachhh…
    rgrds, aya cakep.:p

  4. Tara… dan aku baru baca postingan yang ini.
    dan saat aku membaca fic yang satunya >.> yaaaa……… galau, mirip bgt!

    authornya, err… tau ga ya? hmm.

    Ribella Lilt,

Leave a comment