Can’t Resist Lust

April 29, 2015

Apa Sih Content Marketing Itu?

Filed under: Love in Daily Life, Simple Story About Me — Tags: , , , , — hacques @ 8:45 am

So, untuk membuktikan bahwa gw masih hidup, mari buat tulisan baru yang singkat, padat, dan menjelaskan.

Beberapa jam yang lalu, si Dun adek gw; nge-WA. ‘Teh, tolong jelasin dong Content Marketing tuh apa sih, gue mau ngopi-ngopi cantik nih sama bule foundernya (insert nama… ya pokoknya nama company content supplier kece di ibukota deh) nih, takut salah lobang gueh’

Oke, apaan sih Content Marketing? Kok kayaknya booming banget. Kalo buka situs-situs pencari kerja bakalan langsung keluar nama-nama job baru mengandung kata ‘Content’ yang sama sekali nggak kepikiran saat kita lagi sekolah SD dulu dan ditanya cita-cita.

Setau gw, dulu yang namanya cita-cita di masa depan Cuma ada 4; jadi presiden, polisi, dokter dan pilot. Job-job baru seperti Digital Marketing Strategist, Social Media Officer, Content Marketing, Web Content Writer mana ada dikenal anak jaman dulu :p Dan gw dulu karena pengen anti mainstream yah, gw pilih cita-cita yang selain 4 di atas tadi, gw pilih cita cita jadi ARSITEKTUR!!! IYA PAKE –TUR! Dasar bocah dudut emang.

Ah sudahlah, balik lagi ke Content Marketing. Apaan itu? Kalo dari Wikipedia , definisinya adalah:

Content marketing is any marketing that involves the creation and sharing of media and publishing content in order to acquire and retain customers. This information can be presented in a variety of formats, including news, video, white paperse-books, infographics, case studies, how-to guides, question and answer articles, photos, etc

Nah… apaan hayo bahasa Indonesianya? Jadi untuk gampangnya pake kalimat gw sendiri; Content Marketing adalah teknik pemasaran; dengan menciptakan dan membagikan konten orisinil di berbagai media untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Bentuk konten itu sendiri sangat bervariasi, mulai dari artikel, video, blog, tutorial, foto, infografis, webinar, macam-macam. Kontennya itu sendiri tidak harus melulu isinya jualan produk seketika😉 Inti dari content marketing adalah membuat konten bermutu tinggi; mendidik consumer, dan berfungsi sebagai ‘umpan’ untuk menggiring lebih banyak consumer tanpa harus membeberkan call to action murahan seperti ‘belilah produk ini sekarang!’ It’s about ‘luring’ not about ‘pushing’.

‘Konten’ itu luas cakupannya. Mayan juga, dah masuk tahun kedelapan gw make kata ‘Content’ di job yang lagi gw jalanin, sampe enek soal konten-kontenan, mulai dari Content Manager (tapi sesungguhnya waktu itu hanyalah keroco pembuat konten peanutty alias kacangan), Web & Content Marketing Copywriter (dih, namanya keren sih, tapi kerjaannya kuli) sampe sekarang Web & Content Manager. Yang udah gw bikin? Cemacem, mulai dari konten buat kalimat 146 karakter alias iklan buat provider telco nyepam, konten wallpaper buat hape, konten buat facebook, konten buat twitter, konten buat blog, konten buat apalagi… yaaaa… tulisan blog ini juga termasuk konten lho, bahkan meme-meme aneh bin ajaib yang sering kalian liat dan share dari Path itu juga itungannya konten, meski tujuannya bukan untuk marketing.

Terus, tugas Content Marketing apa? Sebenernya Content Marketing itu sendiri bukan nama jobnya yah, tapi nama tekniknya, Cuma sekarang ini sering salah kaprah dipake buat namain jobnya sekalian, jadi ya sudahlah kita asumsikan disini adalah sebagai nama jobnya.

Pada dasarnya Content Marketing itu perlu kerja tim. Nggak bisa sendirian, kecuali mempekerjakan Naruto yang bisa jurus KageBunshin buat bagi-bagi tugas. Karena harus ada yang bikin konten (baik grafis, video maupun artikel), mantau feedback konten, naikin konten ke media, nganalisis efektivitas konten, plus menetapkan strategi konten apa yang menarik sesuai dengan pangsa pasar yang dibidik.

Lantas idealnya tim Content Marketing itu terdiri dari apa aja? Minimal BUANGET harus punya:

  • Content Creator: Miliki 2-3 orang tim Content Creator yang terdiri dari desainer grafis dan penulis artikel/copywriter. Syukur-syukur kalo bisa punya videographer, nggak mesti syuting tiap minggu, bisa bikin flash animasi juga bagus banget😀 Ini tim vital yang harus ada, karena mereka yang bertugas ‘meramu’ konten hingga siap diedarkan.
  • Social Media Officer: Yang megang seluruh akun sosmed brand. Yang menyebar konten secara berkala setiap harinya. Yang bertugas untuk menampung semua feedback dari konsumen, mantau keefektifan suatu konten. Kalo ngebahas SMO disini bisa panjang lagi hehehe, udah pernah gw bahas post sebelumnya.
  • Content Team Manager/Content Team Lead: Yang menentukan strategi, budget, nganalisis consumer feedback, yang bertugas melapor ke tim eksekutif mengenai efektivitas kampanye yang tengah dilakukan; dll. Content Manager ini mungkin gak terus menerus terjun langsung ngawasin proses pembuatan konten itu sendiri, tapi dia yang paling pusing, hehehehe :p

Itu tim yang minimal ya… Untuk korporat besar yang punya in-house Content Marketing Team; atau untuk IT company yang bermodal besar dan mengandalkan online marketing sebagai ujung tombak pemasaran utama mungkin bisa nambah beberapa job lagi yang bersifat spesialisasi seperti:

  • Community Manager
  • Content Managing Editor
  • SEO Officer
  • Digital Content Analyst
  • Freelancer; kalo tim Content Creator udah ngibarin bendera putih atau mulai pasang muka plongo depan komputer; nggak ada salahnya cari beberapa freelancer untuk bantu-bantu.

Untuk gambar struktur mudahnya mengenai tim inti Content Marketing bisa diliat disini:

Content Marketing Team Structure

Dan untuk melihat workflow super simple sederhana dari kerjaan tim Content Marketing, kurang lebih seperti ini :

Content making workflow

(image credit : https://www.distilled.net/blog/marketing/how-to-develop-and-maintain-a-content-team/)

Tim Content Marketing memegang posisi strategis dalam keseluruhan departemen marketing itu sendiri. Apalagi harigini setiap target pasar yang punya duit, pasti punya yang namanya gadget dan mengakses internet dalam jumlah gila-gilaan. Kalo nggak punya konten kece yang bisa mancing banyak customer, ya susah buat nembus persaingan dengan brand sejenis J

Daaaaaannnn… karena itu pula sekali lagi gw tekankan, jangan coba-coba ngelamar posisi ‘Content Marketing’ sebagai satu orang. Bisa gila. Serius. Pilihlah salah satu saja karena Content Marketing itu harus satu tim. Bukan kenapa-kenapa, gw tahu rasanya. Waktu dulu kerja di salah satu perusahaan gaming company sekitar tahun 2011, gw satu-satunya Content Marketing dari seluruh departemen Marketing… yang terdiri dari… 3 orang. Satu Sales Manager yang kerjanya wara wiri keluar-keluar; satu Graphic Designer (yang lebih banyak ngerjain promotional stuff, boro-boro bantuin bikin konten) dan satu lagi gw sendiri; sebagai Social Media Admin (dibantu 2 orang sub Admin bagian teknikal), merangkap Content Writer, merangkap Content Maker. Dan yeah… klenger bo…

So, konten kayak apa sih yang bagus? Wew, one million dollar question😀

Ingat, konten bisa berbentuk apa saja. Karenanya diversifikasi media itu perlu banget. Secara berkala publikasikan teks, video, gambar, komik strip, dll; secara bergantian. Isinya seperti apa? Konten yang memiliki nilai atau valuable; minimal harus menggelitik customer dengan memancing rasa puas. Misalnya membuat artikel tutorial; membuat infografis step by step pemecahan solusi masalah, menampilkan konten menghibur, menyelipkan promosi dengan sangat halus, dan yang terpenting; konten bernilai (valuable content) akan membuat pembacanya merasa harus berbagi dengan orang lain. Karena tentunya si pembaca ini berpikir bahwa isi konten tersebut akan berguna bagi teman-temannya sebagaimana dia merasa terbantu (atau setidaknya terhibur) setelah membaca si konten yang dibagi.

So, kurang lebih segini dulu penjelasan singkat sederhana dari gw yang ‘apalah kaka’ mengenai Content Marketing, jika ada yang kebetulan punya arsenal of knowledge yang lebih expert dan menemukan ada yang kurang-kurang, silakan lho ikut bantu-bantu memperbaiki atau menambahkan😀😀😀

Sejauh ini jadi ada yang tertarik berkarir jadi anggota tim Content Marketing?

4 Comments »

  1. gw ngerasain bgt apa yang lo rasain..

    Comment by Vivi — May 6, 2015 @ 11:48 am

  2. Terimakasih ilmunya kakaaa….sambil ikut belajar klo boleh heheh

    Comment by Eka G.M — June 14, 2015 @ 2:31 am

  3. relax yo~ when the boat reach the dock it’ll be aligned with the dock. things gets busy time to time, stress adds in, survive it, become stronger. take it easy. over stressed = no results~ hahahanso remember to chiiillll.. Takes lots of care! (:https://ameo.link/bambibradshaw75660081815

    Comment by bambibradshaw75660 — April 8, 2016 @ 10:16 am

  4. udah setahunan ini menggeluti dunia kuli konten, dan masih-harus-banget belajar banyak. hahaha..

    Comment by Dan — June 5, 2016 @ 1:32 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: