Can’t Resist Lust

January 14, 2013

Cara Seru Isi Waktu Pas NGANGGUR!

Filed under: DIY Project, Love and Life — Tags: — hacques @ 12:34 pm

Oke, dirimu baru saja diwisuda, selamat! IPK 3,7 tergenggam di tangan, gelar terpampang manis di kartu nama. Senyum cerah menghiasi wajah dan siap menghadapi dunia. Berbekal ilmu dari perguruan tinggi siap mengabdi pada negara.

Tapi ngapa dah, kok udeh ngirim tiga puluh lamaran kerja, dua belas kali interview, delapan kali interview tahap dua, empat kali tes uji kompetensi, ngapa GAK ADA yang nyantol alias udah setengah tahun lebih setelah lulus (baik dari kampus maupun kantor sebelumnya) belum juga dapet kerja?

Padahal pulang wisudaan langsung lamar kerja loh!

Padahal pulang wisuda langsung lamar kerja loh!

Mulai panik, ortu dah bolak-balik nanya, kalo hang out sama temen kek gak ada lagi obrolan lain tapi ‘sekarang KERJA dimana?’. Buat beberapa orang yang berprofesi kreatif, mungkin bisa dengan enteng jawab ‘Freelance’ tapi yang bukan? Waduh, setres gak bo? Buat yang fresh grad barangkali udah gerah banget dengan lingkaran setan, gimana caranya mau nyari pengalaman kerja kalok nyaris SEMUA lowongan pekerjaan minta pengalaman kerja?

Faktanya, memang tidak semua orang bisa langsung dapat kerja begitu lulus. Dan yah, adanya periode kosong cukup lama itu gak enak diliat di CV. Well, gausah pundung dulu, jobless bukan berarti  planga-plongo ngabisin udara bumi tiap hari, ada kok yang bisa dikerjain sambil nunggu datangnya pekerjaan. Yaitu:

–  BELAJAR

Belajar jangan tanggung-tanggung!

Belajar jangan tanggung-tanggung!

Ya tentunyalah… karena ilmu yang didapat di kampus itu gak ada sepersekian persennya keahlian yang harus digunakan di dunia kerja, kecuali kamu berada di lingkup engineering. Cari kursus dan raih sertifikasi, lumayan buat bikin cakep CV. Ikuti seminar secara rutin. Biasanya di kampus-kampus banyak tuh. Datangi perpustakaan yang selama ini bikin bersin kalo kamu masuki, baca buku atau cari tips bagus di majalah. Atau buka internet, baca artikel dan pelajari blog-2 bagus mengenai dunia kerja sesuai areamu.

–  TEBAR JARINGAN

Gausah gengsi, biarkan orang tahu kamu sedang mencari pekerjaan. Gak semua informasi bisa kamu jaring sendiri, kadangkala perlu juga mata dan telinga tambahan orang lain untuk membantu info tersebut untuk sampai ke tanganmu. Ikuti akun social media perusahaan yang kamu incar, sekarang ini biasanya perusahaan besar menggunakan social media untuk menyebar lowongan pekerjaan. LinkedIn adalah salah satu tempat yang bagus untuk memulai.

–  PARUH WAKTU

Kalo belum dapat pekerjaan full-time, coba incar yang menyediakan pekerjaan part-time. Selain kamu dapat pengalaman yang mirip-mirip dengan kerja full-timenya, siapa tahu kamu bisa naik pangkat jadi pekerja tetap jika kerjamu memuaskan.

–  FREELANCE

Yang penting dapet duit dan pengalaman.

Yang penting dapet duit dan pengalaman.

Oke, kamu punya komputer? Punya jaringan internet? Punya keahlian yang bisa dijual? Bagus, kerjalah secara freelance. Bisa ngedesain web? Bisa ngajar ngaji? Bisa terima terjemahan bahasa Albania? Bisa baca kartu tarot? Tawarkan kemampuanmu di banyak tempat. Iklankan di akun jejaring sosialmu, buka lapak di kaskus, pasang tarif dan layani klien dengan profesional. Isi portfolio sebanyak-banyaknya dan isi tabungan juga dong :p

– BUKA BISNIS SENDIRI

Ini pilihan terbaik yang paling gw sukai. Can’t find any work? Build your own business! Mulai dari yang kecil-kecil pun boleh. Kamu bisa buat cake? Terima pesanan kue. Kamu jago jualan meski gak jago produksi? Jadilah reseller online shop. Suka buat kerajinan tangan? Ajari ibu-ibu di sekitar rumahmu dan bukalah sentra handicraft lalu jual di internet, jangan tanggung-tanggung, jual ke luar negeri. Punya tabungan rada banyak dikit? Beli franchise yang terbukti jalan dan lakukan kerjanya sesuai sistem.

Intinya, just anything will do! Pastikan setiap hari adalah hari produktif, meski hanya habis untuk membaca satu buku setebal 50 halaman, selama hari itu kamu mempelajari sesuatu, maka hari itu tidak berakhir sia-sia. Good luck ^^

all image used here all from FreeImageWorks.com 

1 Comment »

  1. Kalau gw dh nganggur 12 thn lbh. gw juga dh berumur 36 thn blm pernah pacaran. dlu gw di perantauan, kalau krja spt anak bawang shg gw sering dimutasi krn dianggap gk becus. gw kalau nyari cewek juga spt anak bawang shg gw sering ditolak dan diremehkan cewek. krn gw nampak bodoh dan lemah. teman gw ada yg anggap gw bodoh + lemah, manusia aneh dan langka, gk punya masa dpan, manusia setengah jadi, gk berguna dll. gw kmdian pulang kampung malahan nganggur dan jomblo sngt lama. gw nyoba bisnis di intrnt tp gagal trs. gw buka usaha kecil kecilan hasil nya gk cukup memenuhi kebutuhan sehari hari.

    Comment by SHUI SHEN — August 20, 2014 @ 5:32 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: