Can’t Resist Lust

May 18, 2009

Tampil Hebat Cara Hemat

Filed under: Love and Life — hacques @ 2:36 am

Pengen tebar pesona? Tapi apa daya kantong tak sampai? Jangan takut. Tampil mewah buat menarik perhatian bukan berarti kamu harus pake baju keluaran butik dan menghabiskan uang untuk beli barang Kw-1 Hongkong. Nah ada beberapa trik yang gw warisi dari my dear babeh. Doski bisa melenggang pede di depan temen-temennya yang notabene petinggi negara atau pengusaha terkenal, dengan modal yang masuk akal.

Coba luangkan waktu untuk:

  1. Datangi pusat perbelanjaan di saat season sale gila-gilaan. Saat menjelang hari raya seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru adalah saat yang tepat. Lebaran dan Natal tentunya setiap toko menawarkan diskon dan Tahun Baru adalah waktunya toko untuk menyingkirkan stok lama supaya barang baru bisa masuk. Jangan ragu-ragu untuk keluyuran survey harga. Lebaran kemaren bokap menemukan kemeja keren bermerk di Ciwalk Bandung, dengan harga sekitar 200 ribu lebih murah dari harga di mal Jakarta, padahal barangnya sama. Dan gw sendiri dapet LBD (little black dress) model kemben yang harganya tiga puluh ribu rupiah, tanpa cacat!
  2. Jangan sering-sering belanja di tempat kayak ITC kalo tujuanmu ingin terlihat mewah. Barang ITC memang bagus dan terjangkau, sayangnya, jarang yang terlihat mewah dalam artian sebenernya karena dijual dalam jumlah besar dan ‘terlalu’ mengikuti selera pasar yang biasanya dimotori majalah remaja cewek mayoritas. Sowry… yang ada malah berkesan murah sekalipun kamu ngotot harganya mahal.
  3. Beli baju yang pas dan memberi nilai tambah kalo kamu pakai. Cari yang terbuat dari bahan katun murni, atau satin. Sutera memang bagus, tapi cara pembuatannya yang mengerikan bikin gw menghindari bahan yang satu ini (ayolah, merebus ulat yang tak berdaya dalam kepompong hidup-hidup? Pasti ada alasannya kenapa Tuhan melarang memakai sutera alam). Say no to animal skin and animal based-cloth.
  4. Pastikan kamu up to date untuk mengikuti trend kalangan atas. Lihat internet atau majalah remaja yang… ehm, nyantumin harga baju di atas lima ratus ribuan. Cari dengan teliti apa yang bikin harganya mahal selain merk. Apakah itu aksesoris baju, bahan, atau modelnya. Lalu coba cari baju yang modelnya mirip-mirip, tapi dengan harga yang minimal seperlimanya.
  5. Menjahitkan baju ke penjahit juga merupakan opsi yang bisa dipilih. Investasikan uangmu untuk membeli bahan yang bagus, pilih warna yang tidak terlihat norak.
  6. Invest juga untuk membeli baju-baju ‘dasar’ yang bisa di padu padankan dengan mudah. Inget LBD yang gw sebut di atas? Enak banget, gw bisa padu sama celana hipster, cardigan, kemeja putih transparan, jeans, legging, jaket, Capri, bahkan bisa dipake buat ke pesta dengan tambahan ikat pinggang logam bling-2 punya adik, pashmina nyokap plus aksesoris gelang baja keluaran pameran Inacraft.
  7. Trik nomor satu dan lima berlaku juga untuk sepatu, tas, dan aksesoris.
  8. Perhiasan atau aksesoris kadang-kadang tricky. Datangi pameran kerajinan seperti Inacraft atau Jakarta Fair, atau pameran apapun di kotamu yang menggelar karya perajin lokal. Miliki keahlian menawar yang baik, dan berkelilinglah minimal dua kali untuk membandingkan harga. Aksesoris seperti gelang kayu ukir atau bangles logam bisa didapat dengan harga lebih murah dari di mal. Same goes to pearl necklace or gold bracelet ^^
  9. Tampil rapi, bersih, wangi, dan jaga sikap. Pakai baju rapi, jangan ikutin mode yang bikin kamu nerima pandangan jijik dari orang. Mandi dua kali sehari udah gak perlu diingetin lagi sama nyokap. Dan bawa parfum dalam botol kecil kemanapun kamu pergi. . Yang pasti, mengorek hidung, buang gas, bersendawa, mengorek gigi, sama sekali haram dilakukan di depan umum. Anak-anak yang berasal dari kalangan kelas atas sejak kecil dibiasakan untuk selalu memiliki empat kriteria di atas.
  10. Jangan menjadikan bintang film sebagai role model kamu terus-terusan. You are you. Seleb Hollywood biasanya pake jasa konsultan fashion, dan menurut gw sendiri, penampilan mereka nggak senantiasa bagus-bagus amat. Dan jangan terpaku sama fashion show Eropa melulu, Paris katanya sih emang pusat mode, tapi jangan lupa, fashion Jepang sama dahsyatnya. Anak-anak kelas atas di Jakarta berkiblat ke fashion Asia. Sayangnya di Indonesia Cuma ada satu atau dua majalah remaja yang alirannya fashion Asia. Itupun kadang halaman modenya nggak menampilkan busana yang bisa dipakai sehari-hari. Be creative with mix and match.
  11. Ngomong-2 soal kreatif, gak ada salahnya kalo kamu bikin aksesorismu sendiri. Lebih murah, lebih nggak pasaran, lebih sesuai selera, dan nggak ada yang nyamain. Kalo kamu berotak bisnis, bisa dijadiin peluang nambah uang saku. Internet atau majalah remaja menyediakan banyak sekali cara-cara membuat aksesori sendiri.
  12. Sesekali investasikan uangmu untuk membeli barang bermerek yang asli. Jangan keseringan beli barang palsu sekalipun Kw-1, gengsinya palsu dan nggak maksimal.
  13. Kalo ditanya orang jangan bohong. Percuma ngaku-ngaku pakai mutiara asli kalo emang itu palsu. Orang kelas atas bisa membedakan mana yang asli dan palsu dari sekali lihat kilaunya. Kalo bohongnya ketahuan, malunya tiga kali lipat dibanding mengaku sejak awal. Ganti subjek pembicaraan kalo dirasa sudah mengganggu.

Ok, got the point? Tampil hebat bisa kok dengan harga hemat ^^.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: