Can’t Resist Lust

October 27, 2008

Pacaran Tanpa Selingkuh

Filed under: Love and Life — Tags: , , — hacques @ 2:55 am

Itu enak! Semua berjalan dengan lancar dan baik-baik saja, sampai menempuh jenjang selanjutnya. Nggak ada sakit hati, nggak ada kebohongan, nggak ada saling curiga, nggak ada saling tuduh.

Memastikan kesetiaan pasangan (dan diri sendiri) sebenernya nggak susah. Asal niat. Gw pada dasarnya ngebebasin co gw buat jalan sama siapapun kemanapun yang dia mau, selama gw bisa melakukan hal yang sama, dan syukurnya sampe sekarang Val tidak pernah memanfaatkan kelonggaran tersebut. Alias sejak terakhir dia putus dari pacarnya yang lama sekitar 5-6 tahun yang lalu, sampe hari ini detik ini cuma gw satu-satunya cewek yang senantiasa dia gandeng (atau seret?) kemana-mana. Selain keluarga tentunya. Parah? Memang. Tapi gw bangga sama dia.

Gw makhluk yang sangat beruntung. Dapet cowok dengan loyalitas yang sangat tinggi. Tapi itu bukan semata-mata keberuntungan doang. Kerja keras menjaga hubungan dengan pasangan adalah mutlak perlu untuk membentengi dari bahaya selingkuh.

Gimana caranya?

  1. Jadikan hubungan kalian sebagai prioritas, setelah Tuhan, Keluarga, dan Sekolah. Selalu sediakan waktu untuk pacaran, kalo perlu buat jadwalnya di kalender (Cuma buat yang memiliki kegiatan superpadat, entah karena jadwal manggung ataupun jadwal macul). Seenggaknya tiap minggu harus ada waktu jalan berdua sama pacar. Gak mau tahu kamu sibuk les/kuliah/kerja/whatever harus ada waktu buat telepon pacar atau main sama pacar. Gak mesti jalan keluar terus, pacaran di rumah juga oke kok, yang penting waktunya berkualitas. Baca tulisan Low Cost Love gw buat ide tambahan ^^

  1. Manfaatkan saat-saat dimana jauh sama pacar, untuk menyeimbangkan kehidupanmu. Maksudnya, manfaatkan waktunya untuk having fun dengan sahabat, keluarga, diri sendiri, belajar, dan hal hal positif lainnya yang bisa berguna untukmu. Hindari waktu tak produktif yang bisa berpotensi melakukan hal tak produktif yang ujung-ujungnya membuka jalan untuk selingkuh, seperti chatting sama orang asing, jalan sendirian, nongkrong di kafe berjam-jam (ngapain amat? Mending belajar bisnis), dsb.

  1. Komunikasi komunikasi komunikasi komunikasi komunikasi komunikasi komunikasi dan ulang terus kata ini sampai kamu capek. Bukan berarti kamu harus menghabiskan uang dan waktu sia-sia untuk beli hp CDMA dan ngobrol sampe mulut berbusa. Bukan juga tiap 10 menit sekali nelpon nanya lagi ngapain. Get smart with it. Sebelum tidur coba telpon pacar 10 menit aja buat cerita singkat hari ini ngapain aja. Ucapkan kalimat selamat tidur yang manis. Kirim sms berisi kalimat ‘aku sayang sama kamu’ seenggaknya sekali sehari. It works for me & Val. Dari awal pacaran sampe detik ini kita nggak pernah seharipun absen komunikasi. Gunakan semua media yang bisa kamu pakai, internet, telepon, surat, bahkan titip salam ke orang rumahnya juga boleh.

  1. Pastikan hubungan tetap mesra. Selalu selesaikan langsung setiap masalah sampai tuntas. Kalo ada yang kurang enak di hati dan mengganggu perasaan kamu, bilang aja pelan-pelan dengan pilihan kata yang bagus. Dilarang keras menahan perasaan dalam hati dengan harapan dia akan sadar sendiri dan berubah, NONSENSE! Gak mungkin itu. Yang ada malah perasaan yang dipendam jadi memuncak akhirnya meledak dan Armageddon. Kalo butuh konsultasi, e-mail gw aja ^^

  1. Dilarang keras menyakiti pasanganmu dengan cara apapun. Kalimat yang dimulai dengan kata ‘Kalo kamu sayang sama aku…’ adalah salah satu contoh dari relationship abuse. Pikir pikir lagi kalo pacarmu mengeluarkan kata-kata ini. Apalagi menyakiti dalam bentuk fisik. Itu nggak bisa ditolerir. Orang yang berani main fisik berarti bukan jaminan keluarga yang sakinah mawadah warohmah, anak-anak cuma bakal jadi sangsak nantinya. Leave them at all cost.

  1. Berbagi adalah mutlak. Tidak hanya dalam soal porsi makanan. Biasakan untuk berbagi isi hati, tapi tetap usahakan tersenyum di depan pasangan sekalipun kamu sedang sedih. Jika dia memang tercipta buat kamu, dia akan tahu hanya dengan sekali lihat dan dia akan bertanya apa yang terjadi. Kalo dia udah nanya, ceritain. Berbagi isi hati akan memberi kamu 3 keuntungan, satu, perasaan jauh lebih lega, dua, pasanganmu akan merasa bahwa dia adalah bagian penting dari hidup kamu karena kamu bersedia berbagi dengannya, tiga, ada kemungkinan pasanganmu tahu solusi masalah yang kamu hadapi.

  1. Bicarakan pada pasanganmu pandangan masing-masing mengenai selingkuh. Tapi cobalah bersikap netral seolah-olah itu terjadi pada orang lain dan kamu hanya komentator. Jangan bersikap menyalahkan, defensif, atau menuduh. Coba ceritakan pandanganmu mengenai perselingkuhan dan tanyakan pendapat pasanganmu, apakah sama denganmu atau tidak. Jika dia menganggap selingkuh adalah hal yang buruk, bernapaslah dengan lega ^^

  1. Senantiasa menjadikan diri sendiri lebih baik dari sebelumnya. Jangan merasa sudah ‘laku’ lantas jadi malas merawat diri, jadi lebih banyak makan, jadi lebih jarang jaga image. Selalu belajar hal baru, rajin memperbaiki kualitas diri, jadilah pacar yang memenuhi standar pasanganmu (selama tidak terlalu memaksakan diri di luar batasmu) sehingga pacarmu jadi kehilangan alasan untuk ‘mencari kualitas yang lebih baik’ di luar.

  1. Apabila ada tanda-tanda kejenuhan dari hubungan kalian, coba bicarakan dengan pasangan untuk mengambil keputusan yang terbaik. Apakah mau break dulu nggak ketemuan untuk beberapa lama, ataukah mau ganti model pacaran, atau mau ganti tempat tongkrongan. Kejenuhan itu berbahaya, karena inilah yang paling berpotensi mendorong seseorang untuk selingkuh. Refresh hubunganmu, dengan cara apapun, serius, cari artikel di internet, majalah, tanya orangtua, tanya om atau tante, sepupu yang udah nikah, minta mereka berbagi pengalaman, nanya sama gw juga boleh.

Nah, apalagi? Humm, mungkin ada beberapa hal yang perlu dicatat juga sih… selain poin-poin di atas mungkin perlu juga untuk :

· Jangan terlalu percaya sama pasangan atau terlalu curigaan juga. Terlalu percaya bisa ditafsirkan memberikan kebebasan seluas-luasnya untuk selingkuh, dan terlalu curigaan malah menimbulkan perasaan tertantang untuk benar-benar selingkuh. Soalnya hal ini bisa terjadi pada siapa saja dimana saja.

· Percayai instingmu. Jika ada hal yang kayaknya salah, jangan-jangan emang bener ada yang salah.

· Jika bener-bener kejadian, pasanganmu selingkuh (amit-amit jabang naga) – bahkan setelah kamu ngikutin semua artikel yang gw tulis – maka akan ada kemungkinan dia mengulangi perbuatannya. Siap-siap akhiri hubungan. Menghubungi tim Playboy Kabel bisa membantu menangkap basah. Gw kemaren nonton itu bareng Val di rumah dan sukses menyumpahi si cowok sebagai Buaya Pohon (bukan darat lagi).

Btw, ini gw tulis khusus untuk usaha pencegahan, cara-cara menangkap basah pasangan lagi selingkuh, bakal gw bahas lain waktu ^-^

Selamat pacaran, say no to sex before marriage.

3 Comments »

  1. Walah,,,
    thanx y k’ nasehat ‘n petuah nya…..

    aQ ge bingung neh,,,
    pacaran long distance tu sulit bgtz y kn k’ ????

    aQ hruz nrima dia g’ y ??
    ‘al nya kami beda pulau,
    dia di sumatra aQ di jawa

    & aQ cuma pulang k sumatera tiap 6 bulan
    ;(

    Comment by sweetiest girl,,, hohohoho :0 — October 28, 2008 @ 2:31 am

  2. terima aja ^^

    saran lengkap cek emailmu deh ^^

    Comment by Hacques — October 29, 2008 @ 2:10 am

  3. domo arigatou nih..hihi..sama2 love consultant tapi bedanya lo udh nulis dan memaparkan semuanya..gw kalo dsuruh nulis bingung mo mulai dari mana..btw numpang copy paste ya…credit to https://hacques.wordpress.com

    domo arigatou..main2 yah ke web gw🙂

    Comment by G.1.E — November 12, 2008 @ 12:58 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: