Can’t Resist Lust

December 29, 2007

Dangerous Cyber Love: Beware of Scam Artist

Filed under: Love and Life, Love in Daily Life — Tags: , , — hacques @ 5:09 am

Topik kali ini mengenai cyber love yang berbahaya. Dari awal gw udah menjelaskan bahayanya cyber love di blog ini (scroll aja ke bawah ya ^^) Tapi setelah nonton salah satu siaran ulang Oprah Winfrey show bertajuk “What The Scam Artists Don’t Want You To Know”, kayaknya nggak ada salahnya kalo gw bahas lebih lanjut.

Cyber love = high risk. Kemungkinan ditipu dibanding ketemu cinta sejati = 90:10. Apalagi kalo menjalin cyber love sama orang asing kemungkinannya bisa naik jadi 98:2. Sebelum menjalin cyber love, sebaiknya mempersiapkan diri menghadapi segala macam kemungkinan penipuan yang marak di internet.

Apa itu scam? Scam adalah praktik penipuan melalui media internet. Mulai dari uang, sampe kasus pedofilia. Pelakunya disebut scammers atau scam artist. Salah satunya yang menguras uang berkedok cinta. Ini yang mau gw bahas kali ini.

Modusnya adalah : Setelah memperdaya korban, mereka akan meminta sejumlah uang dengan berbagai alasan, dimana jumlahnya berkisar ribuan dollar, dan berikutnya terus menerus merongrong dan pada akhirnya memutuskan hubungan dengan mudah karena toh dia pakai nama dan identitas palsu, dan berada nun jauh di benua seberang.

Nah, sekarang gw mau bahas hal-hal yang patut diwaspadai. Kuatkan hati, baca terus.

 – Be Careful of Kontak Jodoh Internasional.

Ini adalah SARANA UTAMA yang sering dipakai untuk media penipuan. Memanfaatkan orang-orang yang mencari cinta, para pelaku penipuan (berikutnya gw akan menyebut mereka dengan kata ‘scam artist’). Biasanya mereka akan menyamar sebagai salah satu orang yang mencari jodoh juga.

Mereka akan memilih korban secara acak, lalu mereka akan mulai menjalin hubungan. Biasanya lewat e-mail. Mereka akan mengobral kata-kata manis. Yeah, para scam artist sangat pandai mengolah kata sehingga berkesan kayaknya dia punya perasaan sama kita, tapi itu bohong. Mereka udah punya template sendiri, dan biasanya mereka ngobral kata-kata itu nggak sama satu orang aja, tapi ke sekian banyak korban lainnya.

Di Oprah show, seorang wanita Amerika mengaku udah pacaran lewat cyber love selama satu setengah tahun lebih, dia dikirimi foto cowok ganteng, bahkan dia sudah dilamar. Dan dia tertipu sebanyak US $ 8000!! Dia baru sadar pada saat si cowok menyatakan mau pergi ke negara bagian tempat dia tinggal, dan dia diminta menunggu di bandara dengan gaun putih. Si cowok never come, dan dia nggak bisa berbuat apa-apa, but cry.

Nah, nah… berdasarkan kesimpulan di Oprah Winfrey show dan pemikiran gw sendiri, ciri-ciri utama penipu cyber love yang mengincar uang adalah :

  • Easy-To-Remember-Name

Pada saat pertama berkenalan, dia akan memilih nama yang sangat umum dan justru janggal kalo orang bule asli namanya gitu-gitu aja, contoh dengan tidak berniat mendiskreditkan : John Paul, William Thomas, Daniel Smith, Richard Philip, dan pikirkan dua nama depan disambung lainnya. Untuk mengecek apakah satu nama adalah penipu apa bukan, disarankan untuk membuka situs www.romancescam.com, karena disitu ada database penipu yang berkedok pencari cinta.

  • No Face to Face

Para scam artist Cuma berani berhubungan lewat e-mail, chat messenger, atau maksimal telepon. Dan biasanya nomor yang mereka gunakan adalah nomor telepon khusus nipu, kayak tukang tipu lewat sms di Indonesia. Coba ajak mereka bertatapan dengan webcam atau bertemu langsung. Nggak akan berani. Jangan ditunggu kalo mereka bilang mau datang. Dengan cara apapun mereka akan berhasil meyakinkan korban untuk ‘ákan datang di lain waktu’. Atau yang terparah ‘mau datang tapi minta diongkosin’, dan bisa ditebak, tetep gak dateng.

  • Never Believe in Fake Picture

Scam artist mayoritas berasal dari Afrika. Dimana jelas berkulit hitam. Nah, para korban pencari cinta lewat kontak jodoh biasanya berasal dari Amerika, yang tentunya bule. Bule jelas cari bule. Jadi foto yang dikirim lewat e-mail saat menjalin hubungan, biasanya adalah foto asal nyatut dari internet. -Inget cerita tentang wanita tertipu di atas? Foto yang dikirimkan ke dia lewat e-mail setelah ditelusuri ternyata berasal dari situs agensi modeling, si empunya foto bahkan nggak tahu menahu saat dikonfirmasi-.

Cara mudah buat mengenali palsu nggak fotonya; gampang. 1, kualitas foto sangat buruk, resolusi kecil dan wajah biasanya nggak jelas, diakui sebagai foto paspor, foto ID card, atau foto ukuran kecil lainnya. 2, coba minta dia mengirim lebih banyak (minimal 10)  foto kualitas bagus yang berkesan pribadi, misalnya foto liburan atau foto dengan pose nggak lazim (minta dia pakai kostum ayam atau apalah), kalo dia nggak sanggup (pasti 100% nggak mau) berarti dia bohong.

  • Oh-So-Sad-Heart-Breaking-Fiction-Story

Dia memiliki banyak kemalangan dalam hidup. Scam artist akan berusaha membuat calon korbannya tersentuh dengan cerita palsu, supaya si korban akan termotivasi untuk ‘menolong orang yang disayanginya’. Kemalangan yang disodorkan macam-macam, dimulai dari pasangan yang meninggal, kesulitan dalam pekerjaan, ada masalah dengan teman, atau apapun.

Jika si korban menunjukkan simpati, scam artist akan membuat korban merasa dibutuhkan secara emosional dengan berterima kasih setinggi langit dan berkata seolah-olah si korban adalah pasangan yang dia cari selama ini. Sayangnya mereka tidak memanfaatkan kemampuan mengarang itu untuk dijadikan novel.

  • I Need Money, sweetie…

Tujuan utama: MENGURAS UANG! Ini PASTI akan muncul cepat atau lambat. Setelah menjalin hubungan selama beberapa bulan (atau setelah dirasa korbannya udah mabuk kepayang), pasti akan keluar permintaan uang. DENGAN ALASAN APAPUN, biasanya dengan alasan resiko pekerjaan, sanak saudara meninggal, dia terlibat hutang, atau dia harus menyediakan sejumlah uang untuk pelicin mencairkan dana yang lebih besar. Jumlah uang yang diminta biasanya bervariasi antara nominal US $ 1000, US $ 2500, US $ 4000, sampai nggak terhingga. Apabila sudah keluar kata-kata minta duit ini, berarti waktunya tinggalkan dia.

  • Mugu… You all so stupid.

Scam artist tidak pandang bulu. Nggak peduli cowok atau cewek, mereka nggak mau tahu apakah yang dimintai uang orangnya kaya atau tidak, Mereka Cuma mau uang. Mereka nggak peduli siapa yang dimintai uang, mereka menyebut korban dengan sebutan ‘mugu’, artinya órang kaya yang bodoh. Kenapa bodoh? Karena mau ditipu. Jangan salah, korbannya justru banyak dari kaum terdidik.

  • They Love High Risk-Profession

Latar belakang profesi yang disukai sebagai alias adalah kontraktor (karena bisa dijadikan alasan perlu uang sebagai bagian dari resiko pekerjaan), pengusaha pabrik, pengusaha kebun (bisa dibuat cerita kebunnya rusak kena hama atau bencana), dan pikirkan latar belakang profesi keren beresiko besar lainnya

  • Nationality Comes Along…

Last but not least…. Hati hati apabila tersebut kata NIGERIA. Nah, seperti halnya disclaimer Oprah, gw dan dia tidak menuduh semua orang Nigeria penipu, tapi pada kenyataannya, berkat hasil dari menipu, para scam artist bisa membeli rumah mewah dengan kolam renang, mobil Mercy, dan barang mewah. Padahal pendapatan perkapita disana kurang dari US $ 2 per minggu!

Scam artist bisa saja mengaku dari Inggris, Irlandia, India, Amerika, atau manapun. Tapi mereka akan menyelipkan nama negara mereka sendiri. Buat apa? Karena mereka ada disitu dan kesitulah uang dikirim. Biasanya mereka mengaku sedang berada di luar negeri karena ada proyek disana (yakni Nigeria) dan butuh uang disana, jadi mereka akan minta uangnya dikirim ke Nigeria.

Gimana biar nggak kena? *nyengir* yaaaa… cintailah produk dalam negeri. Hohoho…

Untuk gampangnya, supaya bisa membentengi diri, bisa coba lihat post gw yang (jauh) di bawah (ayo ayo… scroll lagi ke bawah).

– Trus Gimana Kalo Ada Teman/saudara/tante/kakek/tetangga/ Kita Yang Kena?

Yeah, ini yang paling tricky. Para korban cyber love biasanya akan mati-matian menyangkal kalo mereka sedang ditipu (atas nama cinta, argh!)

Cara termudah adalah dengan membiarkan mereka sadar sendiri. Tapi juga yang termahal karena tentunya orang baru sadar setelah tertipu. Tapi ada juga yang baru sadar setelah tertipu berkali-kali, berhutang ribuan dollar, kehidupannya hancur. Ini yang mesti diwaspadai. Karena nggak ada yang mau bertanggung jawab kalo udah kayak gitu.

Cara yang gw anjurkan akan sedikit memakan waktu dan tenaga. Tapi lebih baik daripada kehilangan ribuan dollar yang notabene puluhan juta rupiah kalo di kita. Try these;

  • Coba ajak si korban (sebelum dia sempat ngirim duidnya lho) untuk ‘mencari cinta yang ada di depan mata’. Maksudnya, ajakin gaul kemana gitu. Jadi dia bisa menyibukkan diri dengan orang yang ada di depan mata. Sapa tau ada yang menarik perhatian dia dan pada akhirnya dia bisa berfokus pada makhluk riil.

  • Minta tolonglah pada orang yang dia hormati (dan pasti dia denger) untuk berbicara pada dia. Kenapa dia nggak boleh terjebak. Dan pastikan dia tahu mengenai seluk beluk bahaya cyber love. Apalagi dengan orang yang berasal dari luar negeri, yang identitasnya nggak jelas, bahkan palsu.
  • Kalo punya waktu lebih, coba cari tahu alamat e-mail si scam artist (jangan sampe si korban curiga), lalu cobalah hubungi si scam artist sambil menyamar jadi peserta kontak jodoh atau apalah. Ajak surat-suratan sampe si scam artist mengeluarkan jurus yang sama padamu. Jurus gombal dan ujung-ujungnya minta duit. Perlihatkan pada si korban saat dirasa waktunya tepat. Bongkar kebohongannya, resiko terbesarnya paling si korban ngerasa dikhianatin pacarnya. Laen cerita kalo si korban malah ngebelain pacarnya. Itu bebal.
  • Atau kalo mau repot sedikit, coba buka YouTube di www.youtube.com, dan cari video rekaman Oprah Winfrey show yang berjudul ‘What the Scam Artist Don’t Want You to Know’. Judul mungkin salah-salah dikit karena ingatan gw terbatas, tapi kurang lebih itu. Hati-hatilah pada lamanya proses download, terutama apabila komputermu pas-pasan. Tunjukin video itu kepada suspect korban kalo semua yang udah kamu lakukan nggak berhasil.
  • Tapi kalo udah kelenger mabok kepayang mah mesti ditabok bener-bener. Apabila seorang Oprah Winfrey tidak berhasil menyadarkan dia, maka hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah ; beritahukan kepada SELURUH orang di sekitarnya untuk TIDAK meminjamkan uang untuk dikirim ke pacarnya; si scam artist. Enak aja duit capek-capek nyari tapi sama orang sana dipake beli Mercy.

 – Modus Penipuan Lainnya

Ini di luar dari romance ya. Tapi gak ada salahnya untuk tahu juga, mengingat negara asal pelaku yang sama. Hati-hati jika suatu hari mengecek e-mail dan menemukan mail nggak jelas yang nawarin duit atau apapun. Itu penipuan, kenali tanda-tandanya :

  • Menang Lotere.

Ini yang paling sering membanjiri e-mail gw. Untungnya filter spam gw canggih. Modus utamanya adalah mengirim surat pemberitahuan menang lotere, lalu si korban disuruh mengisi data diri dan menghubungi alamat e-mail lain. Karena e-mail pemberitahuan biasanya adalah e-mail temporer yang nggak bisa dihubungi balik. Calon korban akan mendapatkan pemberitahuan bahwa dia menang lotere dengan jumlah gak masuk akal. Bisa setengah milyar dolar atau ratusan juta poundsterling (geblek, kekayaan ratu Inggris aja nggak nyampe segitu).

Korban akan diminta mengirimkan uang sejumlah beberapa ribu dollar sebagai pelicin pencairan dana. Nah, orang yang SERAKAH biasanya tertipu. Dalam prakteknya mereka biasa mencatut nama perusahaan terkenal seperti Microsoft, Coca Cola, BMW, Yahoo, bahkan Oprah Winfrey sendiri. Cara termudah supaya nggak kena adalah; gunakan akal sehat. Jangan percaya menang undian yang nggak pernah diikuti, dan realistis aja. Duit gede dikasih orang = FIKTIF!

  • Dapet Warisan

Ini juga sering menuhin e-mail gw. Konon gw adalah pewaris tunggal seorang jutawan kaya raya tanpa keturunan yang mati di Timbuktu, Madagaskar, atau negeri jauh lainnya, dimana gw sebagai sodara jauhnya mewarisi harta yang berjibun gedenya, dan untuk mengklaim uangnya gw harus ngirim data diri dan uang pelicin (lagi!) untuk memudahkan proses birokrasi dll.

Yeah, kalo gw ketipu berarti gw mengkhianati tanah air dan bangsa gw. Selama gw tahu kalo silsilah gw sampe tujuh bondoroyot ke atas adalah orang Indonesia, gw nggak akan ketipu (gak tahu bondoroyot? Tanya orang Sunda terdekat ^^)

  • Proposal Kerja Sama / Lowongan Kerja / Tawaran Amal

Biasanya mengusung nama sebagai perusahaan berkembang dan mengajak kerjasama atau apa. Yang pasti modusnya sama. Hati-hati jika mereka mengajak bisnis atau apapun, dan meminta mengirim uang duluan. Gak usah percaya.

Nah, mungkin segini dulu bahasannya. Penjelasan gw tidak asal ngomong, tidak asal njeplak, bahkan gw mengalami sendiri dikirimi ratusan e-mail penipuan (yang untungnya belum ada yang sukses nipu gw). Gw doakan kita di Indonesia nggak ada yang kena. Soalnya gw percaya kita bangsa yang pintar dan realistis ^^. Like always, kalo ada pertanyaan atau komentar, klik comment di bawah.

35 Comments »

  1. Yang email2 spam emang banyak banget nih di inbox gw juga hahaha.😀

    Temen gw yg forward2 email akhir2 ini isinya ajakan untuk MLM gua anggap SPAM juga ah😀 .

    Comment by randi168 — January 3, 2008 @ 10:03 am

  2. saya juga dapat berisikan bahwa saya dapat lotere sekitar 615.569 euro..wah liat angkanya sudah tergiur, tapi saya tanya ma kawan, dia bilang coba kalo si pengirim minta uang tebusan untuk sertifikat jangan diberi, abaikan saja. ternyata setelah saya ikuti & mengisi formulir, betul juga dia minta uang pelicin agar sertifikat dapat dicarikan…hehehe beruntung saya gak ketipu..terima kasih kawan dan terima kasih juga pada ‘banana smoothie’ atas postingannya.

    Comment by Rizqi — July 5, 2008 @ 7:04 am

  3. Awas jangan percaya dengan kata2 ” Anda Menang Lottere” Masak sih semudah itu …… Jika ingin kerja ekstra sedikit ngeklik dapatnya memang nggak seberapa tapi jika diakumulasikan selama sebulan lumayan juga, info lebih lanjut di http://www.mojok-net.blogspot.com

    Comment by maknyos — August 7, 2008 @ 7:53 am

  4. Waaahhh..aku hampir aja kena…kalo aku nggak berfikaran jernih..sama lah kaya yang lain.Kenalin dirinya, hidup cuma sama anak,istrinya eninggal kecelakaan bla..bla..bilang cinta..ujung2 nya minta duit..katanta credit card nya nggak bisa di accept dan anaknya (ske call me Momy…uuhh ) perlu ke Rumah sakit..kalo kita bilang nggak ada cash..dia suruh kita pinjam kemana aja, nanti diganti..kalo nggak percaya honey..ini nomor account saya, saya punya banyak uang di London..saya akan ganti begitu sampe di London bla..bla

    Comment by endang — November 19, 2008 @ 8:08 pm

  5. Akhirnya ketemu jg setelah sekian lama akau penasaran dengan Alicia Harry F Moniba. Ternyata Scammer, Dia tu menyatakan cintanya pada saya, mengajak mencairkan uang yang bisa digunakan untuk menikah wow melambung anganku, dah dapat duit menikahi pula.

    Sekarang baru tahu ternyata Scammer untung aja saya baru balas mailnya 3 kali dengan banyak memberikan harapan bagi dia.

    Oalah kawan-kawan jangn sampai ketipau..

    Jika tak ingin ketipu coba buka http://www.misbachell.blogspot.com disana ada usaha yang halal dan tidak menipu.

    Trims Kang Informesemnya

    Comment by misbache — February 25, 2009 @ 10:41 am

  6. ehm,kalo gw nh critanya,, tuh orang asing yg dtinggl kluargax dlm perang n dy tngl ndiri, n dy mau nransfer uang gt k rkening gw.. alasanx sh coz low gada kluarga lain duit wrisanx bkal di claim.jd dy btuh orang gt
    tpi sma skali ga minta uang ma gw..

    gmana nih problem?? nipu gag sih..???

    Comment by sarah — November 12, 2009 @ 11:53 am

    • jelas scam tuh. pokoknya nantinya pasti UUD. tinggal tunggu tanggal mainnya

      Comment by diah — May 25, 2011 @ 1:41 am

  7. wah,kl itu gw baru kena,kenal by zorpia site hmpr 3 bln, bule dr england kontraktor. ngaku mo ktmu n ngajk merit trus mnta alamat bt ngirim brg2 ke gw..eh,malah ada org yg ngaku custom malaysia mnta uang tebusan sebsr usd 650 br bs brg kedeliver kealmt gw. gw ga ngasih eh bule yg ngaku bernama jerry washington malah ngancem gw yg ngga2, ktnya gw mo dilaporin keimmigrasi england yg disini cos gw dianggp sekongkol sm custom malaysia..
    gila ya nih para scammer, sindikat international bgt…

    Comment by hany — July 30, 2010 @ 3:59 pm

    • bener! ada webnya googling aja :

      UK Malaysia cyberlove syndicate

      dasar Malingsia sekongkol sama penjajahnya !!!!

      Comment by diah — May 25, 2011 @ 1:43 am

  8. wah bagus banget nih postingannya, saya jg baru nyadar soal scammers ini 2 minggu kemarin, dulu sering iseng daftar situs matrimony/dating cmn krn sibuk mls buka mungkin sy terhindar nah baru2 minggu tearkhir iseng buka lagi busyet aku lgnsg dpt 6 org,4 dari UK, 1 USA, 1 Aussy. I Uk ngaku muslim GM Bank ternama mencurigakan fotonya cma 3 dan kurg jelas setiap minta foto dia Marah besar trus tb2 ibu dari Uk telp ngaku sok akrab saya Shock terbuai and pecaya untunglah email warning dari sesama Wanita Indonesia masuk ke inbox ku untuk menjelaskn soal scammers kebetulan mbak nya itu korban.akhirnya saya cek semua yg 6 org ternyata semua Scammers untung baru jalan 1 minggu jadi hati masih tdk kecantol bisa kebayang org yg sdh berbulan-bulan dijanji cinta trnyata ditipu.1 dr Ausy tb2 kirim foto 3 buah sm foto anaknya yg bermata biru n maksa dia mau liburan ke t4ku, trus ngku lagi trip ke Canada dan mau kirim jelwelry dari sana minta alamt iseng sy kasih alamt tpi sys dh tahu dia scammers cuma mau tahu modus operandix trnyata ada email dr Custom Malaysia minta duit 8000 Ringgit tuk tebus brg2 kiriman sy dari Canada. ekh sdh sy bls ambil aja aku gak butuh wkwkwwk. si pria Aussy sms aku tapi udah gak digubris Sindikat yg Malaysia juga telp aku cuma kerjain angkt baru yak bicara habisin pulsa dia. yang 4 lainnya langsung aku coret and delete and report abuse.Tks to mbak Ela jasmine and mbak Wahyu utk email remindingnya soal scammers dan seluk beluknya, finally im really aware always!!

    Comment by siti — August 8, 2010 @ 1:23 pm

  9. Wow! Ternyata banyak juga yang punya pengalaman berurusan dengan scammers disini. Untungnya semua belum sempat kena jebakan si scammer ya?

    Thanks buat sharing-nya semoga pengalaman yang dibagi disini bisa turut menolong teman-teman yang lain untuk tetap waspada terhadap modus penipuan ini.

    Comment by hacques — August 9, 2010 @ 2:19 am

  10. wuahhh g ampir kena ngaku2 org us kerja di Lodon, trs setelah dia bermanis2 dia mo ngasih hadiah ngirimin paket, g ngak mau ttp di paksa tau2 di email g dia dah ngirim plus naruh duit di dalamnya. alhasilllll tuh paket katana di tahan di malaysia krn ada duitna dan g harus nebus. scr g paling males ngocek duit tuk yg ngak jelas dan dalam jmlh bayak…. yah g suruh ajah dia tarik barang n tebus lagi (secara g jg ngak yakin tu paket real) dan g bilang ke dia mending dia datang dulu ke mari baru kasih paket. dia marah2 nge push g tuk ambil tu paket, dia sampai nyuruh fivety2, g bilang ajah g ngak puna duit. dan skrg blm ada action lagi dr dia.

    g ngecek ke tnt, dhl, mmg maskapai yg dipakai tdk terdaftar dalam hub internasional, dan g curiga pengiriman uang atas nama pribadi…..

    oh my God….. ini tuh bener2 jahat sekaliiii…… berkedok ingin bertemen, yg ada g di semburin kata2 romantis dan ujung2nya nyusahin…. no way….

    semoga dia tdk menghubungi g lagi, dan maskapainya yg di malaysia tdk menelpon2 g lagiii

    hati2 ….. kadang2 niat baik kita di salah gunakan ma org2 yg tdk bertanggung jawab.

    Comment by ts — August 9, 2010 @ 4:03 am

  11. hahaha, saya juga pernah tuh. Jerry washington namanya, bule england, kontraktor, di akun MySpace umurnya 43 tahun, ngaku di chat 44 thn, di yahoo profile 45 thn (ga tau mana yang bener), punya anak perempuan berusia 15 yang tinggal bersama orangtuanya di Liverpool. Dia pertama kali ngirim message di mySpace, katanya tertarik dengan profil saya. Awalnya si jerry ini berkata2 manis gitu deh, pengen tahu ini dan itu, macam2lah. Untungnya saya bukan orang yang suka diromantisin, jadi saya ga mau jawab semua yang dia minta, kayak nama keluarga siapa, nama asli, pokoke banyaklah, karena saya bukan tipe yang gampang percaya sama orang yang baru dikenal. Di dunia nyata pun saya ga begitu ingin terbuka dengan orang lain, apalagi di dunia maya yg ga jelas identitasnya banyak. Tp saya sih cuek aja n belum curiga, cm mikir, nih bule gile kali yee. Trus tanggal 28 Jan dia kirim email yang artinya : selamat datang di kehidupanku selamanya…..ihhh, ngeri banget n langsung curiga, apalagi waktu liat di yahoo nya klo ada yang bilang dia itu penipu n saya juga dihubungi oleh orang yang juga pernah chat sama dia. Sharing lah kami di yahoo itu. Lalu mulai 1 Feb ym permanently offline, jadi saya bisa liat dia online dan dia ngga. Iseng2 saya bikin online di bb, pas paginya ada chat dari dia, nanya kabar n kemana aja udah lama ga muncul. Saya offline permanen lagi…hehehe…pengen sih ngerjain dia, tapi males juga buang2 waktu, atau pengen block dia dari ym, cuma rasa pengen ngerjain masih ada, jadi ga di block. Sampe sekarang saya biarin aja tetep keadaan offline. Hahahaha, dasar penipu, bisa2an aja mengucapkan cinta lah, ngajak merit lah, bull shit banget…

    Hati2 kalo ada yang kayak gitu, di dunia nyata aja ada banyak penipu apalagi di dunia maya….

    Comment by ina — March 15, 2011 @ 6:42 am

  12. ciri-ciri scammers :
    1. selalu mengobral kata2 DEAR,BABY,BABE,HONEY,MY LOVE,MY DARLING,MY WOMAN dgn cepatnya. (cewek plg suka nih kata2 ginian) bisa2 kata I LOVE YOU dinyatakan dihari ke 2 chatting.
    2. attachment foto2 palsunya pake diurut misal : me1.jpg me2.jpg. my doughter3.jpg. nyatut darimanapun & kdg di potoshop agar keliahatan ganti2 situasi.
    3. target utama cewek2 asia yg mimpi banget dapet orang bule kaya.
    4. tak segan2 menelpon, apalagi kalo udah nyasar bisnis di Malingsia pake nomor +601…….
    udah ngaku nyasar di Malaysia kan deket tuh ama indonesia, maka dia kasih jurus UUD ( ujung2nya duit).
    5. Banyak praktik woman traficking juga. kalian dibayari ongkos ke negaranya, disana paling parah diperkosa, trus dijual untuk nebus utang pacar cyber lo yg ternyata pemabuk.
    6. yg mudaan ngaku msh pelajar n minta dibayari ongkos.
    7. Mereka sangat prepared & armed bila dikonfrontasi. Alasan apapun digunakan utk membingungkan hati/pikiran korban.
    8. dsb googling aja banyak sumber & pengalaman korban yg tertipu.

    Comment by diah — May 25, 2011 @ 2:00 am

  13. aduh…tolong aku dong …..sama dengan kasus diatas ….emailnya masuk manis2 tiap hari, kemarin minta alamat rumah katanya mw kirim paketan ……..tolong dong ..apa yang harus aku lakukan ?

    Comment by wiwik — June 12, 2012 @ 5:15 am

    • hallo Wik,
      Cara gampangnya adalah, gausah kasih alamat rumah. Tenang aja, nggak akan dicari atau didatengin juga sama dia.
      Abis itu putusin semua hubungan dengan dia. Blok emailnya, hapus dari daftar messenger, friend facebook, atau apapun yang bikin bisa dipakai berhubungan lah.
      Setelahnya, kembali jalani hidupmu dengan santai😀

      Comment by hacques — June 12, 2012 @ 6:26 am

      • alamat rumah sdh tak kasih e, gimana gak aku kasih dia bilang dari business trip 3 hari trus beli in kalung lah , i phone lah…. rese tuh bule bikin rumah tangga orang berantakan …biarin ntar tak pelet..aja sekaliaan ….sebeeeeeeellllll

        Comment by wiwik — June 13, 2012 @ 8:12 am

  14. Haish, rugi mau melet dia. Biasanya orang nigeria itu, yang kalo dah lewat magrib yang keliatan gigi ngambang.
    Dah biarin aja, cuekin. Dia gak akan tiba-tiba nyamperin juga kok. Trust me.

    Comment by hacques — June 13, 2012 @ 8:41 am

    • Thank u masukannya …lebih ringan hati ini setelah saling berbagi…mudah2 an ada pembelajaran yang bisa aku dapat…

      Comment by wiwik — June 14, 2012 @ 4:56 am

  15. pa…tuh bule kemarin email lg …dia send tracking number pengiriman paket kerumah….di record shipmentnya hari ini tuh paket sampe ….aduh …pusing euy …

    Comment by wiwik — June 18, 2012 @ 4:23 am

    • cuekin aja.
      Taruhan sejuta ah, gak akan sampe tu paket.
      kalo sampe juga gausah dibuka, langsung balikin. Jangan-2 isinya ganja.

      Comment by hacques — June 18, 2012 @ 4:40 am

      • itu yang bikin aku deg-deg an ..pa …tp tak browsing tracking number betul tuh …ada shipmnet ke alamat aku …

        yo wisdeh … aku jg berharap tuh paket gak pernah dateng ….alamat ada piring terbang deh kalo sampe tuh paket dateng.

        Comment by wiwik — June 18, 2012 @ 5:28 am

  16. saya punya pengalaman yang sama, namanya Christ Brown, wajahnya ganteng. Dari wajahnya saya sudah agak curig, krn pose-nya kayak model. (dan ternyata diambil dari photo di website talent). Kenal dari Facebook, menganggap saya sbg kakak perempuannya krn dia anak tunggal dan hanya tinggal dengan ibunya. Merayu pakai puisi, ngaku kerja di perusahaan Softdrink di London, menyebut nama Nigeria tempat dia pernah bertugas dan ketemu seorang anak yang menolongnya saat ada kerusuhan di Nigeria. Tapi orang ini rada bego juga, krn bhs Inggrisnya agak belepotan dan beberapa cerita yang nggak masuk akal. Waktu saya minta photo dia bersama teman-teman dan ibunya, dia ngaku gak punya. Akhirnya pertemanan ini berujung dengan minta duit juga untuk dikirim ke anak Nigeria yang pernah menolongnya.Ketika saya menolak, saya sudah mengira, akun facebooknya segera di tutup setelah dia mengirimkan sebuah puisi yang indah.. hehehe…

    Comment by Johanna — July 8, 2012 @ 1:55 pm

  17. Iya,kayaknya skrg ada bule yg sdg *berusaha* nipu aku pake dating fraud gini.thanks God nemu blog ini,tp kok aku malah penasaran sm modus si dia minta duit ya hehe..

    Comment by Lophly — June 22, 2013 @ 4:33 pm

  18. dalam rentang waktu 42 th saya diberi anugrah oleh Alloh menghirup udara bernafas dengan rahmat yang sehat rohani jasmani,walau pada ahkirnya biduk rumah tangga saya hancur,dgn,namun berkah yg tak ternilai,anak anak saya sll dlm asuhan dan multak saya sendiri yg menjadi single mother parent,baru beberapa bulan yg lalu,,saya mengenal seseorang dr date ,patrick swift@yahoo.com
    org yg sgt bijak dan sgt sopan dlm bertutur kata,punya motivasi yg sm dlm hidup dgn apa yg saya doa cita kan selm ini,no tlp jg diberikan orsinil dr us,kami kdg chat say hello lewat tlp sebenatar,lalu kita sambung dgn chat msgg,obrolan kami bermutu dan sgt sopan,mmg pd pribadi saya sendiri,,dlm maya maupun nyata,,saya pribadi yg bertipe bgt,dan bkn tipe penyuka guyonan yg tdk sopan tanpa arah,,suatu ketika dia tiba berkunjung ke malaysia,,,namun tlp dan sms nya pada ahkirnya py niatan atau apa,,persis,,dgn alasan beribu ,,butuh dana,,,oh my God ,,saya org yg berfikiran rasional dan tdk neko neko,dlm hidup saya tdk pernah sekalipun saya menipu dan lain sebganya,dgn kokoh dan teguh saya bilang,,apapun alasannya saya tidak bisa memenui,,,,ahkirnya,,,,,satu yg menjadi luka hati saya,,obrolan yg ,seakan sejalan untuk sebuah keingginan yg sama inggin membagun rumah tangga,bahkan dia mengirimkan vidio clip ,jg syair yg mengambarkan sebuah rumah tangga yg inggin dan menjadi harapan kita bersama,,,namun terlepas dari itu,,syukur alhamdullilah,,saya selalu tidak bisa tertipu,krn saya bkn penipu,,

    Comment by ida — July 15, 2013 @ 2:10 am

  19. punya usul sist,,gimn sist bikin blog yg khusus nampung ,,jejak berserta foto jg email para scam ,,ku kira ini ide yg sgt bgs dan sgt bermanfaat,dgn bgt byk yg bisa kita pelajari dan dpt dipelajari oleh yang lain,,senang bertemu blog anda,,

    Comment by ida — July 15, 2013 @ 2:15 am

    • Ahahaha, udah ada loh site yang khusus nampung beginian, coba cek aja di http://www.romancescam.com/

      Syukurlah Ida nggak kena penipuan scammers ya😀

      Comment by hacques — July 15, 2013 @ 9:21 am

    • Gw punya beberapa pengalaman sama scamers tpi gk satupun yg gw kirimin duit gw mikir pake logika ketemu aja blm pernah dah mau pinjem duit, kalo dibalikin nah kalo gk kan gw yg nyesek. Nah gw mau berbagi salah satu pengalaman gw yg nyaris buat gw percaya tpi gk sampe ketipu gw kenalan di tagged.com dia pake nama Basil T emailnya basilrafan@rocketmail.com dari awal gw udah agak curiga karna foto dia cuma ada 1 dan dia sama skali gk punya temen disitu tpi gw tanggepin juga waktu dia nanya email.
      Emailnya manis” banget kata-katanya, dia ngaku duda punya 1 anak, awalnya gw gk gitu naggepin tapi nih orang getol bgt nelp and emailin gw tiap hari, dia ngakunya duda dan istrinya meninggal karna sakit kanker, dan dia hdp sama anak and mamanya karna papanya dah meninggal, dan dia emang mau nyari cewe asia.. Dia sering bgt nelp pake nomor ini +447598048830 nih orang hebat bgt boongnya sampe gw dikenalin and ngobrol sama anak kecil yg katanya anak dia, dan juga ngbrol sama suara perempuan yg katanya mamanya dia, singkat cerita dia blg mau nemuin gw tapi dia masih ada urusan ke malaysia ngurusin uang almarhum papanya yg masih nyangkut di malaysia, oh iya dia juga forward tiket dia yg dari inggris ke malaysia naik KLM, trus dia blg begitu dia sampe sana dia blg bakal tlp eh bener aja dia nelp udah ganti nomor malaysia +60146341602 wah gw udah agak” percaya juga apalagi dia suruh anak kecil ngomong sama gw di tlp, tapi yg buat gw agak curiga kenapa tiap kali mama atau anaknya mau ngomong line tlp nya dimatiin dulu baru dia tlp gw lagi, terus waktu gw minta foto dia, dia cuma kasih 4 foto dan itu semua di judulin me, me and pricess, my mum resolusinya juga kurang bagus gitu dech.. Eh seperti kecurigaan gw sebelumnya ternyata bener aja tuch bule blg mau pinjam duit, dia maksa bgt katanya dia harus bayar asuransi papanya, dia pikir gw bego kali kenapa jga gk minta dipotong dari pembayaran yg dia mau terima, akhirnya dia sms gk gw gubris, trus gw blg aja lw pikir gw bego bisa dikibulin sama penipu macam u hahaha eh abis itu dia gk tlp or sms gw lagi pengen bgt tuch orang ketangkep.. Pasti dia udah ngelakuin ini kebanyak orang untung gw gk percaya

      Comment by vloura — July 30, 2013 @ 3:58 am

  20. Gw mau cerita ini,,, gw nisa umur gw 20th gw skrng ada di posisi yg sulit banget ni all,.. gw punyah pacar dan udah 8 bln pacaran kami pacaran lewat dunia maya,kenal lewat wchat saya sampai saat ini masih berhubungan sm si doi,tlponan ,smsan,chatingan, dia kerja di kota gw ,tapi skrng lg disulsel katanyah.dia banyak kirim foto dia,tapi dia gak mau kalau di suruh kirim fose saat ini dan paling gak mau webcaman… dia gak pernah mintak uang atau embel embel uud ,orangnyah baik,sopan, tentang agama dia juga banyak tau,dewasa,pecemburuan, tapi yg bikin gw berpikir gak tenag to kayak gini, di wchat gak ada id nyah, udah itu dia gak pakai fb,tapi dia bisa lihat semua kegiatan gw di fb.katanyah lihat pakai email atau apalah,.. . Dan skrng dia lagi di rawat di rumah sakit ,kata dia kecelakaan mobil dan mengakibatkan tulang kakinyah patah dan harus di sambung mengunakan pen pada kaki ,dia di rawat di rumah sakit udah 2 bulan lebih alasan belum keluar karna tidak di perbolehkan dokter. Dia masuk rumah sakit tgl 15 agustus setelah idul fitri. Dan karna keluarga gw mau minta bukti kalau dia sakit gw minta di fotoin kalau dia lg sakit,pertama dia kasih foto gak jelas gitu tapi kayak di perban,,,ke dua gw minta lagi cuma di kasih lihat foto tangan doank di infus, dan gw mikir kalau cuma tangankan bisa di ambil di internet. Tapi sampai saat ini gw masih jalanin hubungan ini, gw mau nunguin dia ke sini sampai 1 bulan ke depan ,kalau gak ada perubahan atau dia gak tepatin janji gw bakal tingalin dia. Oh iya dia itu cakep orangyah kerja di pt telkom bagian desain,,,lulusan master arsitek.tapi itu kata si doi. Jdi menurut kalian solusinyah apa yah ??

    Comment by Anisa — October 20, 2013 @ 2:26 am

    • Gampang. Coba tanya di RS mana dan kamar apa, bilang Anisa mau datang dan bantu ngurus administrasi segala macamnya.

      Taruhan 100 juta dia nggak akan ngasih segala keterangan itu. Dan coba facebook kamu dibuat private, alias cuma bisa diakses oleh teman fb. Karena nggak ada ceritanya facebook bisa dimonitor lewat email oleh orang yang tidak memiliki akun facebook.

      Gw bilang sih tinggalin aja, nggak usah ditungguin karena nggak akan datang.

      Comment by hacques — October 20, 2013 @ 10:46 am

  21. Makasih,ciri-ciri yang kamu tuliskan hampir mirip sekali dengan yang saya alami,saya baru saja berkenalan dg pria bule seperti y kamu tuliskan,makasih atas info nya

    Comment by rini — February 14, 2014 @ 11:17 am

  22. Kalo saya apa ya?saya kenal cowok kerja di london namanya manuel jose . Mudah2an sih bukan scammers , semuanya berjalan baik2 aja . Komunikasi sih selama ini masih di email . Kalo email panjang banget tapi kalo saya balas , dia balas lagi 3-4 hari kemudian . Selama ini sih ceritanya masih dalam tahap saling mengenal . Dia tidak pernah sok kaya atau ngomongin duit dan ga pernah nanya soal kerjaan dan duit sama saya . Kita kenal di Asiandating.com . Terus selama ini kata2 yg gombal cuman diawal percakapan aja. Exs. Dear my friend mia. Gitu doang . Dan jreng jreng !!! Setelah berimel ria dia menceritakan anak nya , mama nya, bapak nya yg sdh meninggal dan email terakhir dia ada kerjaan yg hrs diselesaikan di asia tenggara ( gue berharap bukan di malaysia atau sin ya ), setelah selesai dia akan datang ke indonesia . Masalah muncul ketika dia mencantumkan nomor hape dia dan alamat dia . Nomor hape nya +44-7031-xxxx-xx . MASALAHNYA ADALAH kode diatas itu kan kode gratisan kan ya , dan populer di area scammers???? Masalahnya saya langsung tingtong kalo dia adalah scammer . Kira2 dia scammer bukan ya? Selama ini sih saya ga ngerasa dia scammer karena kami kenal nya di Asiandating.com dan dia adalah member berbayar kok. Dan di awal perkenalan pun dia bilang ” I dont want to waste the time . I hope you’re a good person and I switched off my acc to focus with u , soalnya saya tidak ingin terlalu banyak mengenal orang di situs itu karena saya yakin akan banyak scammer disana” ( intinya dia ngomong gitu,lupa bahasa inggris nya ) . Selama ini sih oke2 lah tapi yg membuat saya curigation is nomor hapenya ituuu… jadi gimana enak nya?kita tunggu sampai dia balas email saya deh soalnya saya langsung tanya kenapa nomor nya yg dipake itu adalah nomor yg populer dipake scammer?(asli gue ngomong gitu bro ). Dan sayakan org nya emang kritis jadi saya cari juga alamat rumah nya pake google maps , ada sih . Tapi yah namanya juga hal awam yakk kitakan kaga tauuu. Dan nomor yg di kasih itu sampe sekarang gabisa di sms in apalagi di telpon. Pokoknya mei ini kira2 lah dia akan ke asia tenggara dan kita tunggu sodara2 ya. . .
    Anyway kali2 dia scammer dan ada yg pernah jadi korban sm dia gitu ni email nya manueljose180@yahoo.com . Hiyy takut lah saya pemirsa…

    Comment by Mia Mantiri — May 2, 2014 @ 5:21 pm

  23. thanks atas infonya bagus banget. aku juga prnh dpt email scamer kyak gitu, bnyk banget dan smuanya ga pernah aku gubris, karena ujung2nya minta duit. gila aja, hdup aja masih sempoyongan kok mau ngasih duit ke orang lain yg sama skali ga knal. ya ga sih..yg terakhir ini sekitar juni 20013 lalu aku di add bule aussie yg tnggl di indo, dr bhsa chatnya udah aneh, manggil aku girlie dan nyebut kata2 gaul ala indo untuk nyebut australia, kayak oz, girlie, dll. pokoknya aneh aja, tapi dia ga mnta uang, trus pas tlp suaranya kyak robot, kyak acara investigasi tv yg suara di samarkan itu. lalu aku iseng mnta alamat n dia nyebut tinggal di apartment morrisey. trus aku ajak ktemuan, akhirnya kita jnji ktmuan di cafe jakarta di sarinah. aku dtng sm tmen aku tp ga nemuin dia, aku cuma lewat depan cafe n liat bngku depan jln yg kami pesan buat jnji ktemu ternyata dia itu seorang cewek, gendut, putih pke dress item. lngsung aku ggemeteran dan kabur pulang. orng itu krim text bnyk bngt tny dah smpe dmn, trus tlp jg, tp aku ga angkat, takut bnget, stlh aku pulang aku lngsung block fbnya.

    Comment by HeniPure — September 11, 2014 @ 4:15 pm

  24. Saat ini yg terjadi si bugil alias bule gila minta alamat rumah sama temn gw tp sm temen gw di asal2n alamatx katax dia mau kirim paket tp gw gak yakin nih setelah tmn gw bilang isix tuh tas dan amplop isix 2000pounds trs gw mesti gmn nih gan kata si bugil tmn gw akan percaya kalau udh ketemu nah kalo menurut kalian semua gmn tuh

    Comment by ling ling — December 5, 2016 @ 6:26 pm

    • Jangan percaya Mbak. Hari gini orang waras mah nggak ada yang ngirim duit cash pake paket. Ada yang namanya TRANSFER antar bank. Minta pake paypal aja kalo emang beneran. Paling nggak mau.

      Comment by hacques — December 6, 2016 @ 2:25 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

