Can’t Resist Lust

October 2, 2007

Pacar Teman Bukan Santapan!

Filed under: Love in Daily Life — hacques @ 6:45 am

Hmm… beberapa waktu yang lalu, gw pernah menulis tentang pantas atau tidaknya MANTAN pacar teman untuk dicintai. Saat itu gw menyatakan dengan tegas bahwa mantan pacar teman boleh-boleh saja untuk dijatuhi cinta oleh kamu.

 

Tapi kali ini gw pingiiiin membuat garis batas yang jelas. Mantan pacar teman menurut gw halal untuk dicintai, tapi kalo statusnya MASIH pacar teman, nah ini baru haram.

 

Kenapa haram? Karena statusnya masih milik orang. Mantan pacar teman sendiri baru halal kalo dianya jomblo, alias sedang tidak terikat dengan siapapun saat kamu jadikan pacar. Tapi kalo statusnya masih pacar orang, dia jelas gak boleh diusik. Private property

 

Nggak peduli kamu cinta mati, nggak peduli kamu nggak bisa tidur tanpa mikirin dia, nggak peduli kamu udah suka bertahun-tahun sama dia… Pacar orang ya pacar orang. Nggak boleh diganggu gugat. Kenapa? Jelas, karena bakal ada yang marah dan sakit hati apabila kamu mencoba mengusik pacarnya. We all like that, aren’t we?

 

Gw tahu banget, apa rasanya menyukai pacar teman dan nggak bisa berbuat apa-apa untuk ngedapetin dia karena atas dasar ‘persahabatan yang tulus’. Tapi gw juga tahu banget, rasa sakit yang bisa sampe nembus ubun-ubun saat tahu bahwa pacar kita ketahuan nyuk nyak nyuk sama sahabat kita. That’s why, gw menolak selingkuh dalam bentuk apapun

 

Sebenernya apa sih yang menyebabkan muncul hasrat dan keinginan untuk mendapatkan pacar teman?

 Gw udah naksir lebih lama daripada si temen gw suka sama pacarnya.

Kalo emang udah suka lebih lama, kenapa nggak tembak duluan? Atau memang sengaja nyari cara untuk bisa lebih dekat dengan membiarkan dia pacaran dengan teman kita dulu, supaya secara otomatis bisa main bareng, frekuensi ketemu lebih sering, dan bisa haha hihi sama dia tanpa dicurigai? Jangan dong. 

 

Buat yang pernah nonton film Jomblo, ambil quote dari Doni (Christian Sugiono) yang ditujukan pada Olip (Rizky Hanggono) disitu, “Orang naik gunung nyebrang lautan buat ngejer cewek, tapi lo kemana? Lo nggak kemana-mana!” Gara-2 si Olip jatuh cinta sama cewek yang namanya Asri (Rianti Rhiannon Cartwright) -yang berikutnya jadi pacar Doni- Olip selama 2 tahun mendem cinta nggak juga diomongin.

Siapa yang salah? Doni atau Olip? Olip marah karena dia suka lebih dulu pada Asri, tapi Doni seenaknya mengambil Asri duluan. Menurut gw yang salah Olip. Kalo dia suka dari dulu kenapa nggak nyatain dari dulu? Dia nyatain cinta setelah Asri jadi pacar Doni. Jelas timingnya salah

 

Dia telat. So, ‘suka lebih dulu dengan pacar teman’ adalah BUKAN alasan yang kuat.

 Gw ngerasa cocok sama pacar teman.

And then so what? Kecil sekali pergaulan kamu kalo kamu cuma nemuin kecocokan dengan pacar temanmu. Luaskan pergaulan, kamu bakal dengan mudah menemukan orang lain yang juga cocok dengan kamu. Jangan hanya karena cocok ngobrol lantas kamu salah menafsirkan perasaan sebagai cinta. Siapa tahu cuma karena simpatik atau kebetulan memiliki ketertarikan yang sama.

 

Silahkan kamu ajak ngobrol atau berteman dengan pacar temanmu, tapi ingat bahwa ada privasi yang harus dijaga. Ada baiknya kamu diskusikan dengan temanmu, berapa jauh kamu bisa akrab dengan pacarnya. Nggak semua orang bersedia pacarnya terlalu akrab dengan orang lain, sekalipun teman dekatnya sendiri.

 Gw ngerasa lebih bisa ngebahagiain pacar teman daripada si teman gw sendiri.

Hmm… kebahagiaan bisa datang apabila cinta benar-benar terlibat di dalamnya. It’s okay, kamu ngerasa lebih cantik, lebih ganteng, punya mobil, lebih kekar, atau lebih berduit. Tapi itu semua bukan jaminan kamu bisa lebih ngebahagiain orang atau nggak. Pernah gak denger lagu berlirik Áku rela, walau hidup susah… Aku rela walau di gubuk derita’, asalkan bersamamu’?

 

Nggak peduli apapun latar belakangmu, cinta yang datang karena paksaan (misalnya karena ngerebut, atau pikirkan cara-cara pemaksaan cinta yang suka ada di sinetron kita) ujung-ujungnya nggak akan menghasilkan kebahagiaan. Sekalipun kamu menghadiahi berlian 10 karat tiap hari, kalo dianya nggak mau ya tetep aja hubunganmu nggak akan jadi kemana-mana.

 Pacar teman gw tu orangnya ganteng/cantik banget.

Fisik? Alasan yang membuat perang Troya berlangsung 7 tahun dan harus dibayar dengan nyawa ribuan orang, alasan yang membuat Rama mendaki gunung lewati lembah untuk merebut kembali Sinta yang diculik Rahwana, dan silakan pikirkan cerita sinetron yang serupa, si Punjabi itu paling jago bikin cerita beginian. Alasan klasik. Dan terbukti tidak pernah menjadi cerita yang happy end. Iya cantik sekarang, lagian emangnya bakal dipacarin sampe lama?

 Fisik memang alasan pertama orang untuk jatuh cinta, tapi juga merupakan hal yang sebaiknya tidak dijadikan patokan untuk memutuskan bahwa seseorang layak dijatuhi cinta atau tidak.  Fisik bukan jaminan, jangan-jangan nanti malah jadi tekor karena mesti ngejaga cantiknya.  

Dan lain sebagainya, bisa karena faktor persaingan, gara-gara taruhan, atau macam-macam lah.

Gw bisa ngasih seribu alasan kenapa pacar teman ‘kayaknya’ lebih cocok jadi pacar kamu. Dan gw juga bisa ngasih seribu alasan kenapa kamu harus menunggu sampe si ‘pacar’ itu jadi ‘mantan’ terlebih dahulu baru bisa kamu pacarin.

 

Tahu nggak kenapa?

 Karena ada hati yang akan menangis.

Bahasa puitis ^^, tapi ngena. Apa rasanya kalo pacar yang kamu cintai, kamu sayangi, kamu jaga dengan baik, tahu-tahu di ponselnya ada sms yang ‘pesannya pake sayang-sayang’? Bukan sekedar lagu, tapi kalo kejadian di dunia nyata, sakitnya luar biasa. Bagi orang yang sensitif dan perasa, tentunya nggak akan cukup 2 minggu nangis di kamar. Rasa sakitnya bisa sampe tahunan. Bisa bikin depresi. Bisa bikin kehilangan semangat hidup. Bahkan bisa menimbulkan kebencian.

 

Menurut gw itu nggak worth. Seneng-seneng selingkuh sama pacar temen emang enak, tapi apa rasanya kalo jadi korban? Contoh paling ekstrim bisa bikin orang bunuh diri. Kalo udah gitu apa iya masih kerasa tuh seneng-seneng selingkuhnya?

 

Air mata itu mahal. Kalo mata kelewat kering bisa-bisa butuh cangkok kornea, kalo kelenjar air mata rusak, bisa-bisa perlu operasi syaraf. Jangan bermain api dengan bersenang-senang di atas tangis orang lain. Sama aja dengan koruptor itu namanya.

 Karena akan ada jalinan yang rusak.

Persahabatan. What else? Takes years to build a friendship, but only need seconds to destroy it. Teman itu adalah aset. Rusaknya hubungan pertemanan mungkin bisa diperbaiki lagi,tapi kalo udah berhubungan dengan cinta, uang, dan kepercayaan, hampir mustahil untuk dibenerin. Gw tahu sakitnya hati saat sahabat ketahuan nyelingkuhin pacar. One of my best friend really burst out her tears gara-gara itu. Gara-gara pacarnya kedapetan selingkuh sama temen deketnya dari SMP. Nggak bener banget deh…

 

Siang malam nangis, nggak bisa makan nggak bisa minum, depresi, banjir air mata… kelewat kasihan menurut gw. Nggak pantas disebut teman kalo sampe bikin orang tersiksa segitu rupa. Bahkan nggak pantas untuk dicintai.

 Karena akan merusak reputasi.

Tukang rebut pacar orang. Tukang selingkuh. Buaya darat. Playboy cap duren tiga (salah ya? itu julukan Boim di cerita klasik ‘Lupus’). Yeah, pokoknya nggak akan ada gelar bagus untuk mereka yang merebut pacar teman sendiri. Selain reputasi jatuh, saat sedang jomblo maka semua orang akan menghindar karena nggak pengen pacarnya jadi target berikutnya. Dan yang namanya reputasi jelek tentunya akan melekat selamanya, sekalipun ngerebut pacar orangnya cuma sekali.

 Emangnya bakal bertahan lama?

Coba hitung, berapa umur sekarang? Buat yang masih dibawah 24, mending gak usah mikir buat ngerebut pacar temen. Toh nggak akan jadi pacar selamanya. Paling lama juga tahan 2 tahun. Berikutnya putus. Nggak ada remaja yang berpikiran untuk serius dengan pacar selama dia masih suka seneng-seneng clubbing, jalan-jalan ke mall, atau masih sibuk bikin PR. Pasti bakal putus.

 

Nah, apakah worth memaksakan suatu hubungan yang ujung-ujungnya bakalan putus juga? Apalagi dengan mengorbankan perasaan orang. Kalo kamu remaja yang menginginkan pacar orang karena gejolak darah muda, tungguin aja, ntar juga putus sendiri. Namanya pacaran anak muda paling tahan berapa lama sih. Kalo udah putus kan jadi halal. Lebih enak ngejarnya juga.

 Jadi mesti gimana?

Udah kena pelet habis sama pacar teman? Gak mau tau mesti dapetin dia? Coba tanyakan pada diri sendiri dulu gih, apa iya dia yang kamu mau?

 

Coba perluas pergaulan. Jangan terbatas dengan teman sekolah, teman les, teman sejurusan di kampus. Coba kamu bikin target untuk mengenal 100 orang baru setiap bulannya. Coba ajak ngobrol siapapun yang kamu temui di bis kota, atau coba masuki organisasi baru, atau mencoba kegiatan baru yang kamu nggak pernah ikuti sebelumnya. Siapa tahu di tengah usaha kamu menyibukkan diri, kamu bisa ketemu sama orang yang lebih sesuai sama kamu, lebih ganteng/cantik daripada incaran kamu sebelumnya, lebih enak diajak ngobrol, dan tentunya jomblo juga.

 

Jalani hidup sambil terus menerus menyibukkan diri, lalu tunggu sampai target incaran putus dari teman. Saat itu baru dekati dia dengan segala daya upaya. It’ll be a fair game.

 

Terima dengan lapang dada apabila ternyata si pacar teman nggak membalas perasaan kamu. Jangan dipaksa. Jangan juga dukun dipanggil gara-gara cinta ditolak. Yang ada malah konyol belakangan. Mending buka mata buka telinga, dan jalanin hidup dengan enjoy aja.

 

Yasudah, Sampe disini aja dulu bahasan kali ini. Inget, MANTAN pacar teman boleh aja kamu samber, tapi PACAR teman, nggak boleh diganggu gugat! Lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. Banyakan jeleknya, intinya sih.

 

For my friend Tea, tabah ya… Yang namanya ‘teman’ kayak gitu nggak pantas kamu sebut teman, dan pacar yang kayak gitu nggak pantas kamu pertahankan sebagai pacar. Don’t waste your tears anymore…

9 Comments »

  1. ^_^ Hmm.. saya pertama tahu ID Hacques dari situs FORUMSAINS. Pas baca masalah SUSU. Wah… postingmu keren juga yach…!!!

    Saya pikir di blog-mu ini banyak artikel2 sains. Ternyata, seorang yang banyak perhatian sama temen yach…!! ^_^ eh.. ada jg sih ilmu yg bisa didapet, apalagi di posting-posting awalnya.

    TQ. Sukses yach…!!! ^_^

    Comment by insansains — October 6, 2007 @ 1:40 pm

  2. hukay
    setuju skalee
    gw adalah salah satu victim yang di stab behind sama sobat gw sendiri dari smp and actually co gw yg sekarang udah jadi mantan tentunya
    ya pasti ada karmanya lah buat mereka2 itu
    amiinn

    Comment by aNak BaYi — October 6, 2007 @ 8:25 pm

  3. ^_^ ha..ha..ha…!!
    Ternyata ada juga yach orang kayak kamu ini…!!! Emang dunia macem-macem yach…!!! tunggu..tunggu…! Kamu SUKA baca buku gak? and what’s your blood type? Kalau boleh nebak, O bukan?
    he..he.. sotoy…!

    Comment by insansains — October 7, 2007 @ 3:04 am

  4. insan: pertanyaannya buat si aNak BaYi-kah?

    Hihihi, soalnya golongan darah gw B

    *halah, gw geer yah?*

    Comment by hacques — October 9, 2007 @ 3:55 am

  5. ^_^ He..he..he…! Ya iya lah… masa orang extropert, simple, n sdikit kekanak-kanakan kayak kamu ^_^ gol darahnya O??? ya B lah…!!! he..he..

    Tapi tunggu…! biasanya mereka yang gol darahnya B, banyak complain, dan tindakannya sering berbeda dgn yang lain. Ya nggak sih???

    Wah.. bentar lagi lebaran nih. Minal aidzin wal faidin ya..!!! He..he.. walaupun gak kenal, tapi ga da salahnya kan? Taqabalallahu minna wa minkum…!!!! ^_^

    Comment by insansains — October 9, 2007 @ 6:32 am

  6. ^_^ eh.. Hacques…cwe bergolongan darah B! ampe lupa nanya pertanyaaan pentingnya…!! Knpa gak nongol lagi di forumsains? Lagi seneng nulis ttg pacar & persahabatan yach?? Kpn2 nulis tentang sesuatu berbau science? Anak ITB gitu lho…!!! ^_^ he..he.. sorry..! Di tunggu yach tulisannya..! Itupun kalo saya masih inget blog ini…!! ^_^

    Comment by insansains — October 9, 2007 @ 8:44 am

  7. Hmm… kapan ya…

    Boss Larry-nya lage ngumpet dari peredaran jadi gw masih nyari-2. Kalo udah ada kontak lagi, gw bakal masuk-2 lagi ke forumsains.

    Hehehe, pacar dan persahabatan mengandung sains juga kok. Mulai dari hormon yang bertanggung jawab saat manusia jatuh cinta sampai dengan agoraphobia yang merupakan mental disorder yang menyebabkan orang takut untuk bergaul dan bertemu orang asing ^^

    Kapan-2 gw gabungin semuanya deh.

    Comment by Hacques — October 18, 2007 @ 8:55 am

  8. e, pertama kali masuk neh website dari google.

    soalnya suka ama cewe yang udah ada pacar seh.. lol, bukan cewe temen, jadi masih valid tak reasonnya? :p lol

    jadi pengen nampar diri sendiri biar sadar. mungkin juga pergaulan gue kurang, makanya jadi gitu. lol

    * koq jadi curhat T_T….

    btw, thank for the article.
    now matter what, i really think that this article is very useful

    Comment by michael — March 4, 2009 @ 4:27 pm

  9. Nice..

    http://hanyagoresanbiasa.blogspot.com

    Comment by Lord Solidious — March 16, 2016 @ 1:36 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: