Can’t Resist Lust

July 16, 2006

Mantan Pacar Teman, Pantes Nggak Sih Untuk Dicintai?

Filed under: Love in Daily Life — hacques @ 7:10 am

Gw kepikiran buat ngebahas ini karena ngedenger curhatan seorang yang dekat dengan gw. Dan juga karena terinspirasi sedikit dari film Jomblo.

 

Si teman baik gw ini berada dalam keadaan dilematis karena dia sekarang ini berpacaran dengan sobat mantan pacarnya sendiri, yang saking dekatnya udah kayak sodara (kata si mantan). Dan teman gw sangat stres setelah si mantan menuduh dia ‘mau enaknya sendiri’-lah, ‘makan temen’- lah. Saking stressnya sampe bela-belain nelpon gw pake SLI dari negeri jiran malem-malem.

 

Gw sendiri pernah berdiskusi mengenai anggapan bahwa seseorang yang statusnya mantan pacar teman, adalah bukan orang yang pantas untuk dijatuhi cinta. Singkatnya, kok kayaknya haram deh yang namanya jadian sama mantan pacar teman. Atau bisa dibolak balik juga kalimatnya menjadi “Sobat nggak boleh pacaran sama mantan pacar gw” or “Gw nggak boleh pacaran sama sobatnya mantan”.

 

Kenapa?

 

Apa salahnya mencintai seseorang yang pernah menjadi kekasih dari teman? Toh statusnya dia sudah ‘Mantan’ yang notabene berarti dia sudah tidak punya hubungan apa-apa lagi dengan orang yang tadinya adalah kekasihnya.

 

Kalo gw nyoba ngeliat dari sudut pandang yang pro dengan pendapat ‘Mantan pacar teman tidak boleh dipacari’ ; oke, masuk akal dan bisa diterima. Temanmu yang merupakan mantan pacar orang yang kamu sukai akan merasa dikhianati, dia akan merasa kamu tidak setia kawan, dan yang terparah mungkin dia akan berpikir bahwa kamu merebut pacarnya (meski sebenarnya tidak selamanya begitu).

 

Sama halnya jika kamu memacari sobat dari mantan pacarmu, perasaan dikhianati juga akan muncul di hati mantanmu, akan ada persahabatan yang berakhir, pacar barumu akan dituduh sebagai orang ketiga dalam hubungan kalian.

 

Belum lagi pandangan orang luar yang akan berpikiran aneh-aneh, seperti “Loh? Cewek itu
kan pacarnya si A, kok sekarang dia jalan sama si B sih? A
kan temen deketnya si B!” atau “Gila si B, tu cewek
kan mantan pacar temen deketnya, masa diembat juga…” or “Jangan-jangan si A sama ceweknya putus gara-gara si B, lagi. Tahu sendiri
kan, sekarang si B udah jadian sama tu cewek.”

 

Dan kalo ternyata temanmu masih memendam perasaan cinta yang tersisa kepada mantannya, maka kamu harus bersiap-siap untuk bersaing dengan temanmu. Dan biasanya dalam persaingan yang kayak gini, siapapun yang menang diantara pihak yang bersaing pasti keduanya akan tetap menjadi musuh.

 

Yaah, belum lagi bakal banyak tuduhan yang akan mampir padamu jika kamu nekat memacari mantan pacar temanmu, atau memacari teman mantan pacarmu, antara lain tuduhan mengenai pihak ketiga, tukang rebut, gak setia kawan, dan lain sebagainya.

 

Kamu sendiri bakal berada dalam posisi yang nggak enak karena harus memilih antara teman atau cinta. Kalo kamu milih ‘teman’, maka kamu akan kehilangan cinta, dan apabila kamu memilih ‘cinta’, maka kamu akan kehilangan teman. Pilihan pertama bersifat absolut, sedangkan pilihan kedua masih bisa dikompromikan.

 

Sayangnya banyak sekali orang yang merasa berjiwa ksatria enough untuk memilih yang pertama. Pilihan bodoh sebetulnya.

 

Karena jika kamu memilih pilihan pertama, maka  kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan cinta. Dan bayangkan betapa banyaknya orang yang harus menderita kehilangan cinta kalau seluruh dunia setuju untuk memilih pilihan pertama.

 

Cinta dan teman bukan hal yang harus dipilih salah satunya. Keduanya berjalan beriringan. Tak ada orang yang berhak menentukan siapa harus berteman dengan siapa atau siapa berpacaran dengan siapa. Penentunya adalah dirimu sendiri. Orang yang pintar adalah orang yang bisa menyeimbangkan keduanya. Bukankah hidup akan terasa indah jika kita memiliki pacar dan teman?

 

Lupakan masa lalu. Jangan ragu-ragu untuk jatuh cinta kepada mantan pacar temanmu. Atau mencintai teman mantan pacarmu. Kalo temanmu atau mantanmu marah padamu, dia yang bodoh. Dia nggak berhak menghalangi cinta orang lain hanya karena dia gagal mempertahankan cintanya dengan orang yang sama. Dan kamu lebih bodoh lagi kalo kamu menyerah memperjuangkan cintamu demi mereka yang nggak dewasa itu.

 

Coba, betapa sia-sia hidup kalo kamu nggak bisa bersatu dengan seseorang yang dicintai hanya karena dia mantan pacar teman (atau teman mantan pacar)? Apabila perasaanmu sama dengan perasaan orang yang kamu cintai, betapa temanmu (atau mantanmu) akan berdosa karena dia menghalangi dua orang untuk saling mencintai hanya karena keberadaannya dan statusnya sebagai mantan pacar.

 

Gw sendiri adalah orang yang kontra terhadap pendapat ‘mantan pacar teman tidak boleh dipacari’.

 

Kenapa?

 

Karena tidak diperlukan alasan untuk mencintai, karena itu tidak boleh ada alasan untuk mencegah cinta bersatu.

 

Apalagi kalo alasannya konyol kayak “Duh gimana ya… dia
kan mantan pacar sobatku, aku nggak mau nanti dia marah sama aku kalo aku jadian sama mantannya.”

 

Bullshit abis! Muak banget gw baca majalah remaja yang isi rubrik curhatnya kayak gitu melulu. Emang gw akui, hal ini adalah masalah klasik. Di tiap jaman tiap generasi pasti ada aja problem kayak gini. Jelas banget, cinta nggak bisa ditebak bakal muncul sama siapa dimana kapan dan gimana terjadinya. Tapi bukan berarti lantas nyerah kalo tiba-tiba cinta muncul di antara kamu dan mantan pacar sobatmu. Atau sebaliknya. 

Banyak cara yang bisa dipakai untuk memperjuangkan cintamu. Dari cara yang soft sampe yang ekstrim abis. Cara yang soft bisa dimulai dengan ngomong sama temanmu dengan
gaya bercanda “Woy, si A
kan udah bukan cowok lo lagi, boleh gak gw ambil?”. Tentunya jawaban apapun yang dikemukakan sobatmu, kamu harus sudah menetapkan tekad untuk mendapatkan si cowok.

 

Kalo dia bilang  “Ya udah, ambil aja” Atuh syukur. Paling dia kaget pas tahu kamu udah jadian sama mantannya. Jaga hubungan baik kamu dan sobatmu, untuk menjaga perasaannya hindari mesra-mesraan di depan sobat. Minimal nggak usah gandengan tangan di tempat-tempat yang masih sering jadi ‘daerah teritorial’ sobatmu.

 

Kalo dia bilang  ”Ah gila, tega banget lo ngekhianatin gua kalo lo jadian ama mantan gua…”. Bodo amat.

 

Kalo kamu bersedia ngalah dan ngebohongin perasaan hatimu demi sobatmu, itu perbuatan bodoh. Karena kamu membiarkan sobatmu tega padamu, dan tega pada mantan pacarnya tentu saja. Siapa dia? Kalo kamu pintar, harusnya kamu tahu siapa yang berhak menentukan kebahagiaanmu., yaitu kamu sendiri.

 

Hwell, orang-orang yang menjunjung tinggi prinsip kesetiakawanan pasti bakal mencak-mencak baca tulisan gw ini. Tapi gw tetap dengan lantang bakal bilang kalo pendapat bahwa “Jadian Dengan Mantan Pacar Sobat itu Haram” adalah bodoh.

 

“Gila! Gua gak akan ngekhianatin teman baik gua sampe kapanpun!”

“Persahabatan kami nggak akan retak Cuma gara-gara mantan pacar”

“Apa nanti kata orang? Gua ogah dicap gampangan!”

“Pacar gampang dicari, tapi sobat susah dapetinnya.”

 

Hahaha… banyak yah alasan buat nolak pendapat gw? Surely, banyak yang suka salah nangkep. Yang gw tolak adalah pendapat bahwa jadian dengan mantan pacar teman itu haram. Garisbawahi kata mantan.

 

Kalo jadian dengan PACAR TEMAN jelas haram banget. Cari gara-gara namanya. Anyway nggak akan gw bahas sekarang kok. Ntar ada lagi bab khususnya.

 

Bukan apa-apa. Masalahnya kebahagiaanmu adalah pilihanmu sendiri. Sobatmu atau mantanmu nggak punya hak menghalangi kebahagiaanmu, apalagi jadi pihak yang menentukannya. Jangan berpikir kamu egois karena jadian sama mantan pacar teman (atau teman mantan pacar). Kalo kamu membiarkan diri menderita karena menahan perasaan hati demi kata ‘Kesetiakawanan’, maka kamu secara nggak sadar memposisikan diri di pihak yang ‘melempar’ titel ‘egois’ pada sobatmu. Berpikirlah dewasa. Ini toh nggak bisa dihindari. 

Nah, kalo kamu sekarang ini sedang pacaran dengan mantan pacar sobat, tentunya ada aturan-aturan yang harus dipatuhi. Antara lain ;

 

         Jangan mesra-mesraan di depan sobat

Ini udah jelas
kan maksudnya? Gw rasa udah nggak perlu dijelasin lagi

 

         Jangan ungkit-2 masa lalu pacarmu

Hargai dia, dan hargai juga sobatmu. Itu sudah lembaran lama dan mereka juga pasti sedang berusaha melepaskan diri dari masa lalu mereka.

 

         Jalan bareng Cuma kalo sobat udah punya pacar baru juga

Surely, ini berlaku kalo kamu dan sobatmu cukup bisa berpikir dewasa dan berjiwa besar untuk bisa menerima status baru diantara kalian. Jalan bareng it’s ok. Asal rame-rame dan sobat sudah punya pacar baru. Untuk menghindari hal-2 yang tidak diinginkan lah.

 

         Nggak usah digembar-gemborin

Seluruh dunia nggak perlu tahu kamu pacaran sama siapa sekarang. Untuk beberapa lama tahan dulu keinginan ‘berbagi cerita’ demi keamanan kalian. Untuk menghindari anggapan miring masyarakat bodoh dan gosip-gosip konyol lainnya.

 

         Bersikap netral sama sobat/mantan kalo kebetulan lagi berada dalam acara yang sama

Misalnya di kelas atau di pesta atau apalah yang melibatkan kamu, pacarmu, dan sobatmu. Bersikaplah netral, jangan menunjukkan sikap ‘sekarang pacar lo punya gue’ atau sikap aneh yang lainnya. Yeah, you know what to do lah

Dan gw yakin masih banyak cara lain yang bisa dipake.  

 

Okeh… sampe sini aja dulu bahasan kali ini. Jangan ragu meraih cintamu. Status mantan pacar bukan alasan untuk menolak kebahagiaan!!

 

Dedicated for my friend whose now miles away… keep your style, Paschy!

 

71 Comments »

  1. Edan, di wordpress susah amat sih buat bikin tampilan sesuai ama yang gw mau?!

    Masih lebih enak pake sistemnya fs ato blogspot deeeehhh….

    sekalian promosi :

    buka juga http://nitacool.blogspot.com

    Comment by hacques — July 16, 2006 @ 7:17 am

  2. Dedicated for my friend whose now miles away… keep your style, Paschy!
    –Nyebut nama…😛

    Kayanya loe dulu pernah ngalamin ini ya, tp di sisi si mantan dan blm sampe ke mana2…

    Comment by Eru — July 20, 2006 @ 4:25 am

  3. to Eru :

    — Hmm? Dulu pernah ngalamin? Sorry, i really didn’t get it. Gw agak nggak ngerti kalimat lo yang berbunyi ‘tp di sisi si mantan dan blm sampe ke mana2…’

    bisa dijelasin lebih lanjut?

    (sambil berpikir kapan gw pernah jatuh cinta sama sobat mantan pacar atau mantan pacar sobat)

    Comment by hacques — July 23, 2006 @ 3:35 am

  4. bagus juga pendapatnya! emang siapa bilang mantan pacar ga boleh dipacarin? kalo sobat gw jadian ma mantan gw, gw seneng banget malah! gw dukung dia..
    tapi kalo gw jadian sama mantan sobat gw, gw jelas ga bisa, buat gw jelas bgt perbedaan konteks seorang teman biasa atau sahabat.
    dan kalo dibilang “org bodoh yang lebih memilih sahabat daripada cinta” mungkin gw salah satu org bodoh tersebut.

    Comment by au ah! — March 26, 2007 @ 5:15 pm

  5. gw rasa jangan sampe deh.lihat aja nih yang pernah gw alamin.nantinya lo bakalan ngalamin nasib yang tradis seperti sobat lo dulu.

    Comment by toy — April 25, 2007 @ 5:30 am

  6. kalau nrut aku… mantan pacar jg orang yg pernah di cintai khan. but……….. ex-nya ajach kalau si mantan udah punya kekasih??? gimana??? kalau mo pcran ama orang lain atau sahabat gw gk pa-pa. orang cinta itu khan nggak ikat siapa-siapa. asal dia ngerti klu mencintai itu berarti biarin orang jd dirinya sendiri and bebas nentuin pilihannya. ya ngga???????????

    Comment by ima — April 30, 2007 @ 6:59 am

  7. saya setuju banget,
    mantan pacar sobat , ato temen mantan pacar siapa bilang harus dihindari,
    cinta mah ga mandang status hubungan terdahulu.siapa tau emang jalannya gitu, mungkin kalo kita ga berteman dengan dia kita ga akan kenal dengan mantan pacarnya , ato kalo kita ga pacaran sama dia kita ga akan kenal temannya.
    jangan pernah ragu , asal bener2 udah mantan , jangan main sikut aza

    Comment by windi — June 30, 2007 @ 3:06 pm

  8. ih bner banget tuh….gw lagi mengalaminya…

    gw sempet bingung banget..tapi setelah membaca ini gw ngerasa gag sendiri…hehe apa salah sayang sama orang?harusna temen kita itu udah gag ada hak larang2…kan disini konteksna MANTAN bukan PACAR..ya ya ya ya ya kan?

    Comment by gue — August 24, 2007 @ 10:54 am

  9. akhirnya, la lega rasanya!!!!
    la lagi ngalamin hal serupa….
    toh dy MANTAN bukan PACAR….

    thank’s ya atas postingannya….

    Comment by dhila — January 4, 2009 @ 11:58 am

  10. hal yang sama yang lagi gw alamin meski udah kelar tapi gw masih nggak nyaman aja pacaran ma mantannya pacar sahabt gw..gw masih asing pacaran ma dia kran orang lain maish beranggapan kaya nggak ada cwo lain aja yang harus gw pacarin..
    tapi gw juga nggak bisa bohongin hati gw kalo gw sayang ma mantannya cwo sahabat gw..
    apalagi cwo gw yang sekarang juga sepupunya mantan cwo gw..
    di 1 sisi gw nggak enak ma sahabat gw . di 1 sisi juga gw nggak enak karna dia sepupunya mantan gw yang dia kenalin waktu itu n yang apling bikin bingung apa kata bonyok tentang hubungan gw ney..
    kasih gw saran doang buat nyari restu dari bonyok gw..
    masalahnya cwo gw yang sekarang ntu nggak seperti mantan gw yang sebelumnya yang termasuk sepupunya cwo gw yang sekrang…

    Comment by Linda — July 30, 2009 @ 9:16 am

  11. bguz sich,jd ngeRsa gx trllu slh stlh bca,v. . .
    Mslhx dlu shbt n dy ”cwo yg chy syg” nech,ptuz krn kbentur reztu. .bkn krn keingnn mrka. .n trxta stlh chy jadian n mendlmi prmslhn mrka. .dstu chy tw,lq sbnrx mrka msh saling syg.,.n cwo ne uga gx bs mastin mo mlh cpa. .n ampe skrg. .qt b3 msh ngambang gx jlz. .chy sma shbt chy tu sma2 syg cwo ne,n cwo ne uga ngkux syg qt b2…n hub chy ma shbt chy ne msh diem2n ampe skrg. .gmna dunk?

    Comment by chily — June 1, 2010 @ 6:12 am

    • translate please :p

      Comment by Agust Andy — June 1, 2010 @ 6:58 am

    • Hallo Chily,

      Ehehehe, perlu perjuangan sedikit ekstra nih buat baca tulisan kamu😀

      Well, gw tidak menyarankan untuk nerusin hubungan sama cowok yang sekarang. Bukan kenapa-kenapa, tapi cowok yang tidak tegas menentukan perasaannya itu sama sekali tidak bisa diharapkan untuk masa depan. Mungkin perkataan gw terdengar agak keras, tapi jauh lebih baik daripada tersiksa dipoligami karena si cowok gak bisa nentuin pilihan mau sayang sama siapa. Enak betul dia berasa direbutin😄

      Nggak perlu diem-dieman sama sobatmu. Dia toh bukan siapa-siapanya cowokmu, dan kalo mereka berdua masih berhubungan atas dasar ‘masih saling sayang’, itu tandanya mereka se.ling.kuh. di belakang kamu.

      So, saran gw untuk segera dilakukan adalah : tanya sama cowokmu, suruh dia ambil keputusan. Kalo emang mereka putus karena gak dapet restu, buat apa dia nerusin hubungan sama yang satu lagi. Kalo dia gak bisa memutuskan, ya carilah cowok yang memang bisa diharapkan untuk jadi masa depan kamu, yang gak akan poligami kamu, yang gak akan selingkuhin kamu. Tegas. Itu aja intinya.

      Semoga membantu.

      Comment by Hacques — June 1, 2010 @ 10:24 am

  12. bner banget tuh….

    gw sempet bingung banget..tapi setelah membaca ini gw ngerasa gag sendiri…hehe apa salah sayang sama orang?harusna temen kita itu udah gag ada hak larang2…kan disini konteksna MANTAN bukan PACAR..
    okelah kalo begitu….

    Comment by uchiha — June 13, 2010 @ 4:57 pm

  13. Thx iia gw jadi gerti ^^
    meski pun gw jadi pihak ke 2 …
    biar la cwok itu yg mengantikan aq… ^^

    tapi gw merasa gk enak klo ada pesta bersama … gmn y?
    gk usah di pikirin ia gk??

    Comment by Joni — October 7, 2010 @ 7:21 am

  14. Hmm.. kira2 dianya punya pandangan kaya begini ga yah..

    Comment by Glen — November 23, 2010 @ 11:09 pm

  15. hhhmmm…
    w stuju banget ,,, py mass cma gara2 nii shbat w mrah n mutusin prtemanan qta ???
    w jdi gtw hrus prbuat ppa …
    ppa slah iia ??/
    gga kan ??

    Comment by iendahh tarii — April 21, 2011 @ 1:32 pm

  16. Q pny cerita…, temen q tuh sekarang pacaran sm mantan q…
    Sebelum kami putus…, dy udah ndeketin mantan q…, sok baek ngajarin pelajaran lah…., sok ksh saran saat kami bertengkar…

    Stlh pts dy msh sk nyebut mantan q sebagai pacar q…

    Q herean saat dy sm mantan q jadian…

    Q ngerasa sprt orang dungu…

    G tau & berpikir terlalu polos waktu itu

    Comment by Mei — June 17, 2011 @ 12:51 pm

  17. ya ampuuunn…
    sama bgt kjadiannya sm yg gw alami skrg

    thx…🙂
    trnyata gw ga slah nglakuinnya
    dan knp jg gw hrus takut dan ga enakan ana yg laennya
    ya ga? hehe

    Comment by qiqiclose2you — October 14, 2011 @ 11:15 am

  18. Bro…gw skr jadian ma mantan pacarnya temen gw…
    Hal yg gw lakuin sebelumnya ngbrol ma temen gw : “ridho,iklas ga gw pacaran ma mantan lo ?” gw liat mimik mukanya dlu dan gaya bicarana..alhasil tanpa beban…dia menyetujuinya, alkhirnya saling mendoakan aja hasilnya.
    Intinya sih menurut gw ngbrol baik2 aja dulu.

    Comment by arrayjo — March 23, 2012 @ 4:03 am

  19. hmmmm.. klo boleh cerita,,
    gw pernah mengalami hal ini.. mantan pacar gw, pacaran sm sahabat gw.
    hmmm awalnya gw marah,,, bangeeettt.. sampai sekarang pun gw masih ga tegur2an sm dia..
    mungkin klo sahabat gw awalnya minta izin atau ngomong dlu ke gw klo mau pacaran sm mantan gw. mungkinn ya ceritanyaa gw ga akan semarah ini sm dia.
    gw inget banget,, setelah gw 4 tahun pacaran kemuadian kita putus tanggal 1 desember 2009. mereka (mantan n sahabat) jadian tanggal 18 desember 2010..
    what are u thinking about??
    hahahaha
    tp sekarang mereka udah putus. dan gw balikan lg sama mantan gw itu.
    yaaa,, mgkin dia sadar siapa yg mencintai dan dia butuhkan.

    lebih gilanyaaa,, sahabat gw itu sekarang pacaran lagi sm gebetan temen gw dan temen nyaaa dan juga sahabat cwo gw..
    just tell me, what happen it is??
    apakaahhh di hidup dia hanyaaaaa itu2 aja orangnyaaa atau?? dia punya kelainan…
    only God knows.

    Comment by ayu — May 28, 2012 @ 9:09 am

    • hmmm maksud gw mereka jadian 18 desember 2009..

      Comment by ayu — May 28, 2012 @ 9:10 am

  20. Tapii sakit banget kalau ngeliat mantan pcr jadian ma sahabat sendiri yang udah tau pasti kalau kita masih sayang banget ma mantan pacar kita itu?
    Bukan kah itu namanya pengghianat?

    Comment by Ayhaniituwrhydhazfc zaiankshbtx — June 16, 2012 @ 7:47 am

    • Kalo menurut gw sih…
      Kalo masih sayang banget kenapa bisa putus?
      Dan kalo sakit banget, ya itu berarti coba tanya sama diri sendiri, masa masih berani nyebut sahabat kalo marah lihat sahabat bahagia? Kalo masih sayang sama si mantan, kenapa dari awal gak dipertahankan hubungannya, gitu…

      Pengkhianat? Bukan ah. Yang pengkhianat itu kalo kamu masih pacaran, terus tau-tau sahabat kamu bilang ke pacar kamu “eh, pacaran ama gw yuk” abis itu pacar kamu tiba-tiba putusin kamu jebret. Itu pengkhianat.

      Tapi kalo kalian sudah putus, terus sahabat kamu mengambil alih peran pacar bagi mantan kamu, gak ada yang salah. Kenapa orang berbahagia harus dihalangin? Gitu looohhh ^^

      Comment by hacques — June 18, 2012 @ 4:36 am

  21. iyyya gimana ya caranya emang bener tapi temen dari mantan pacar gw itu terlalu mikirin temen dari pada cinta ( gw )
    mana pakek pacaran ma teman gw lagiii

    Comment by sisil — September 13, 2012 @ 3:24 am

  22. Bersilat lidah mmg lho jagonya…!! Spt judul lagu tp nyata and lantang tanpa keraguan. Penghianat kotor tk pernah tahu rasa cinta putih…!!! Makan aja cintamu itu….!! Prilaku bejat 2 org manusia yg kudidik tulus hanya jadi duri dlm perjuangan dan pengorbanan. Sakit bla jujurmu terungkap…??? Sikon ini membuat adrenalinku jd bgtu tertantang tuk jd seorang yg benar2 bejad. Baiklh klo bgtu….

    Comment by hill nell — February 24, 2013 @ 4:41 am

  23. gila! man! gw terbantu banget nih baca tulisan lo. Kebetulan skrg ini gw lagi di pdkt sama temennya mantan gw, dan cowo ini adalah mantannya temen gw. Tapi it’s so long time a go. Mantan gw dan gue hubungannya di kuliah, dan dia dan temen gw di sma. Sementara skrg kita baru ketemu lagi pas udah kerja. hahaha.. it’s a bit funny though, soalnya dia ini ga pernah keliatan sebelumnya di mata gw.. haha. Well, i was kinda confused at first, tp abis baca tulisan lo kayanya gue makin mantep untuk milih “pengen kenal dia dulu”.. instead langsung buru2 menjauh.🙂 thanks yap!

    Comment by ivanka — April 8, 2013 @ 12:49 pm

  24. wow hal yang lagi gue rasain sekarang. sygnya tu cowo masih ada rasa sama sahabat gue, dan gue cuma bisa jadi pendengar yang baik aja, huu classic tp kalo jodoh juga pasti ketemu jalannya🙂 hehehehe

    Comment by misscurhat — April 18, 2013 @ 3:32 am

  25. keren,,,bnr” lagi ngalamin

    Comment by dicky — May 26, 2013 @ 1:14 pm

  26. pas bnget dngan yg sdang gw alami..hikz

    Comment by laras — July 8, 2013 @ 2:20 pm

  27. Sama yang kek gue alamin sekarang ini, mantan cowo sahabat gue ternyata suka sama gue üϑɑђ lama tp dia gaberani ngungkapin cuma pas üϑɑђ putus dia baru bisa ngungkapin dan begitupun sebaliknya padahal gue üϑɑђ mendem perasaan lama dan ngerelain dia pacaran sama sahabat gue sendiri tp kenapa gue yg dibilang munafik perebut dsb? Padahal mereka üϑɑђ putus? So apa yg harus gue lakuin sob? Apa gue musti ninggalin cinta? Tp kenyataannya shabat gue nangis mulu gamau nerima gue lagi sebagai sahabatnya, dan pikirannya masih kekanak2an padahal mereka putus juga karna ulah sahabat gue sendiri yg gabisa setia sama satu cowo aja, apa gue entar kena karma?
    Temen2 satu kelas si cewe itu pada mandang buruk sama gue sinisin lah apalah, gue streees berat T.T

    Comment by annisaanabilah16405 — December 13, 2013 @ 12:14 am

    • Pacarin aja sis. Kebahagiaan ada di tangan sendiri. Kebukti kan, kalo ngeduluin orang lain yang ada boro-boro mereka ngehargain pengorbanan malah disia-siain.

      Biarin aja disinisin. Pas mereka nggak sinis juga toh mereka nggak ngasih duit atau apa kan? Disinisin nggak bikin badan sakit. Kecuali kalo disinisin sambil dijorokin dari tangga. Sahabat yang sebenar-benarnya ya mau berkorban buat kebahagiaan sahabatnya. Kalo Sis mau berkorban demi sahabat, apa pantes si sahabat itu egois dan gak mau berkorban? Sori, bukan sahabat kalo kata gw mah.

      Comment by hacques — December 13, 2013 @ 7:32 am

  28. Thanks bgt buat solusinya @hacques seneng banget bisa numbuhin keterpurukan masalahnya gue tipe cewe pemikir,seklinya disindir sama sahabat gue itu langsung dipikir ampe sakit *maaplebay* pernah gue suruh tuh cowo nyari cewe lain aja tp tetep aja dia gamau, dan gue deket sama mantannya sahabat gue itu pas sahabat gue masih S♌y♌nğ bgt ama dia,tp mau gimana lagi sob gue gabisa mboongin perasaan gue sendiri, gue pendem perasaan gue selama setahun dan baru kebales baru2 ini disisi lain gue seneng bgt tp disisilain juga sahabat guenya terus2an bully,nyindir,ngehsut,ngatain dsb :’ *maap curhat dikit hehee*

    Comment by annisaanabilah16405 — December 13, 2013 @ 10:54 am

    • Eh maksutnya numbuhin dari keterpurukan hehee, apa gue jahat banget bro yg tadinya sahabat gue itu tiap ada apa2 pasti cerita ke gue eh taunya endingnya begini😦, apa gue bakalan kena karma? Apa sebutan ‘pengkhianat,munafik’ pantes buat gue? :’, apalagi dia ngomong kebanyak orang kalo gue yg salah, terus yg disalahin gue teerus bahkan dia gamau maafin gue dulu, yg dimaafin malah mantannya, dan padahal juga dia üϑɑђ bilang ke mantannya kalo dia ikut bahagia liat gue sama mantannya seneng, tp nyatanya dia malah ngatain gue ampe sekarang dan masalah ini üϑɑђ 1bulan lebih ngga kelar2, padahal gue üϑɑђ minta maap ke dia, bilangnya sih maapin tp ujungnya malah bilangnya mikir2 dulu -__-, solusi lagi boleh dong hehee😀

      Comment by annisaanabilah16405 — December 13, 2013 @ 11:19 am

      • Mikirin yang kayak gitu mah ngeracunin diri sendiri. Pengkhianat itu baru pantes kalo tu cowok direbut pas masih jadi pacar orang. Lha ini kan udah putus, free market toh, istilahnya, barang belum kejual kan bebas dibeli siapa aja?

        Apaan mau maafin tapi bilangnya mikir-mikir dulu. Itu sih dia cuman mau manfaatin rasa bersalah aja. Bilang ikut bahagia tapi kok jadinya kayak gini. Dia kali yang munafik.

        Comment by hacques — December 15, 2013 @ 1:07 am

  29. gilaaaaaa😀 gue sekarang lg ngerasain sayang sama sobat mantan gue dan sobat mantan gue pun merasakan hal yg sama..😀
    selain itu ada lg mantan gue yg lagi modusin sahabat gue :))

    Comment by alina — December 27, 2013 @ 6:55 am

  30. w cuma mw bilang yang bikin cerita seperti ini,mungkin lo salah satu dari orang yang ngerebut mantan temen lo sendiri,maka’y lo bisa ngomg ma cerita seperti ini,emg ci mantan,tp klo mantan temen sendiri ga bakal di makan ma temen’y sendiri,fuck wat lo yang buat cerita seperti in,

    Comment by mamen — December 30, 2013 @ 2:05 am

    • tetooottt… gw cuma mau bilang, lo salah besar.
      Mantan gw semua dalam keadaan jomblo sebelum pacaran ama gw.

      Yuk ah, salam fuck balik buat lo.

      Comment by hacques — December 30, 2013 @ 8:11 am

  31. bagus pendapat nya.. gua juga pernah ngalamin kyak gini.sampe” di bilang TMT . padahal temen kita itu putus udah lama sma mantan.

    Comment by sandra — April 19, 2014 @ 7:02 pm

    • kita juga kan harus menghargai perasaan teman kita! yah sapa tau ajj dy MASIH SAYANG! iya kan?

      Comment by ThasyaAviani Popang — October 13, 2014 @ 11:43 am

  32. Aku sedang mengalaminya sekarang, teman gw ngerebut pacar gw padahal tmn gw tw low gw masih pcran. Dan gw udah iklaskn itu demi tman gw dan demi kbahagian pcr gw. Dan setelah itu aq pcri sobat pcr gw yg direbut tdinya biar dia tau gimana razanya pcran ama teman pcr kite…by Yulia
    nah gmna menurut kalian Comet y guys!

    Comment by Yulia — August 5, 2014 @ 3:21 am

  33. gila hal ini udh terjadi sama saya 2x .. sama orang yg tak berbeda(sama) !! pdhal cewk itu teman saya ! yeah udh saya anggap adhe juga sih !! mau marh juga takutnya di bilang GILA URUSANlah !! Pokoknya ga enak dengar kabar MANTAN SAYA PACARAN SAMA TEMAN yang udh saya anggap saudara sendiri😥

    Comment by ThasyaAviani Popang — October 13, 2014 @ 11:39 am

  34. Ouuhhh,, gitu tapiii c cwok nya makssa jadian sama aku, tp aku tuh takut kalou tmn aku marah sm aku?

    Comment by viiolauny jelita — November 10, 2014 @ 10:56 am

  35. menurut lo gimana kalo gua pacaran sama pacar sahabat gua padahal pacar sahabat gua uda ga suka?

    Comment by Oei Tanty — May 31, 2015 @ 8:07 am

    • Kalo mereka berdua masih pacaran, NGGAK BOLEH.

      Tunggu putus dulu, baru pacarin.

      Comment by hacques — June 1, 2015 @ 1:34 am

  36. Gw prnh d posisi sobat qw jdian sm mantan n gw jg skrng lg posisi pacaran sma mantan sobat qw sndiri
    Pas gw posisi sobat qw jadian sm mantan gw jujur sih sakit pas lht mrka brng2..tapi mnurut gw wt ap sih musuham wt ap jg mkirin mantan yg dh gk bsa sm kta..harusnya bhgia dunk sobatnya bhgia..wlpn munafik klau gk ada rasa cmburu dikit..cmburu dlm artian iri..knp pas sm gw gk gt..cmn gt sih yg gw rasain..slbhnya gw iklhs..mikirnya..skrng dah sndiri2..toh mantan kita jg pnya khidupan dunk..cinta gk bsa d tebak m cinta gk tau kpn dtngnya.bisa sm tmn sndiri sobat tau siapapun..jngn salahin maantan atau pun sobat krna mrka jg butuh kbhgiann..kita ndak boleh egois..mikirin prsaan kita sndiri

    Klau pas skrng qw jdian sm mantan sobat gw blng dl sm sobat gw klau gw dkt sm mantan lu..awalnya sobat gw baik2 aj..sobat gw dl yg ninggalin krna dy mau nikah sm org lain..lama2 smua sosmet sm dy d batalin..mngkn gw salah..gw tau rasanya..tapi pas posisi dl gw d tinggalin bkn ninggalin..lbu skit mna cba..smpai skrng pun gw sedih bgt..sobat gw gk mu tmnan sm gw..ya gw akui mngkn gw slah..tp gw dket pas mrka udh gk ad hub ap2..sdngkn gw jg jomblo..ap itu salah…gw bngung…tp smpai skrng gw ttp jln tu sm mantan sobat gw..smoga prjuangan gw smpai ajal memisahkan gw n pacar gw…n smoga sobat gw bsa mngrti..aminn.aminnaminn

    Comment by Eva kartika sari — September 2, 2015 @ 12:00 pm

  37. jelas gasalah ah cintah, kita gasalah macarin mantan temen kita kan punya hak, jelas jelas yg salah ya temen kita karena nyia nyiain orang sebaik dia,😀 hahaha

    Comment by Cathrine Louren — October 29, 2015 @ 12:14 pm

  38. Nah kalo ceritanya demen sama suami orang yg udh pny anak istri gimana ?

    Comment by anonim — December 21, 2015 @ 12:48 pm

    • Kagak ada lagi apa yakk stok laki-laki lajang sampe mesti ganggu rumah tangga orang? :v

      Pacar orang aja nggak boleh diganggu apalagi suami orang lah.

      Comment by hacques — December 27, 2015 @ 7:07 am

  39. true story dalam hdup gua, gua sedang berpacaran sama mantan dua sahabat baik gua. gua smpat bingung karena stelah gua gembor” in gua baru tw kalo mantannya dia tmen baik gua. sampai sekarang juga gua masih dilema

    Comment by hakim — December 27, 2015 @ 4:39 am

  40. Kak kalau ngerasa gapunya temen krn org2 nganggepnya aku udh jelek krn macarin mantan org gmn? Trs kadang ngerasa hubungan aku sm cowoku ga ada yg dukung krn org2 tau aku macarin mantan temen :<

    Comment by Nooww — March 5, 2016 @ 4:56 pm

  41. Keren si pembahasannya… #bitch

    Comment by Tuti Handayani — April 1, 2016 @ 8:33 pm

  42. gimana kalo keadannaya gini ‘gue pacaran sama mantan temen gue, cuma belum bilang ke temen gue nya, nah waktu gue mau bilang ke temen gue dia bilang ke gue kalo dia masih sayang banget sama mantan nya, kalo gue bilang ke dia jelas dia bakal ngedukung gue soal nya gue tau banget sifat nya, tapi gara-gara dia bilang masih sayang gue jadi ga tega, soal nya alesan dia putus cuma gara-gara emosi sesaat doang, trus yg bikin beban gue temenan sama dia udah dari belum sekolah dulu, yg gue takutin dia jadi canggung nanti kalo ketemu gue’ jadi opsi mana nih yg harus diambil? soal nya gue ngerasa kaya nusuk temen gue aja, yg harus dilakuin sama yg nama nya temen kan support temen nya, gue malah ngembat mantan nya -___-

    Comment by chandra — April 6, 2016 @ 5:56 am

    • Ya nggak usah bilang. Unless asked. You’re not under obligation to report anything.

      Lu nggak nusuk lah, apalagi ngembat, KECUALI kalo lu yang bikin mereka putus, itu gw pun nggak suka.

      Tapi kalo mereka putus bukan karena elu, well, udah nggak ada cerita di antara pacar lu dan mantannya toh? Buang jauh-jauh istilah ngembat ya, you’re not stealing anything, cuma menyelamatkan apa yang sama dia disia-siakan.

      Dan kalo dia beneran temen, sesuai dengan sifatnya, maka justru hal yang bagus kalo dia ngedukung, itu berarti dia sahabat dalam artian sebenar-benarnya. Ikut senang kalo ngeliat temen dan mantan (meski masih disayangi) pacaran dengan happy.

      Canggung kalo ketemu? Ya hadapi dengan dewasa 🙂 Jangan lari dari kenyataan. Lu sekarang sedang in relationship dengan mantan dia, so be it. Mau canggung, mau ngehindar, mau kabur, mau sampai kapan?😀

      Comment by hacques — April 6, 2016 @ 7:10 am

      • kalo misal gue ga bilang malah kaya gue nya yg ga dewasa -__- , soalnya gue mau temen gue denger dari mulut gue langsung, bukan dari omongan orang-orang, gmana yaaaaaa

        thanks masukannya ka.

        Comment by chandra — April 6, 2016 @ 9:58 am

  43. Klo gw sendiri kurng sependapat sama lo….. Ya klo banyak org ngeembat mantan tmennya yaa pasti banyak permusuhan mungkin udh kiamat klo banyak yg lebih milih cinta daripada sahabat

    Comment by Robi — April 18, 2016 @ 2:29 am

    • Ya bebas. Yang pasti, kalo ternyata demi milih sahabat lantas ngerelain cinta, padahal ternyata jodohnya ya si mantan itu, terus gimana kalo demi toleran, si sahabat maksain diri married-nya sama yang bukan jodoh, abis itu kandas tengah jalan, kena KDRT, berantem mulu, nggak harmonis, dan banyak masalah rumah tangga laennya yang harus diderita?

      Keknya pas milih ‘ah kukorbankan cinta demi toleransi ama sahabat’ gak kepikiran sampe kesana.

      Abis itu sahabat yang ditoleransi, nemu jodoh lain dan dia bahagia. Sementara yang toleran mesti ngerelain kebahagiaan dan jodoh sendiri lepas dari tangan….

      *brb ngetik cerpen*

      Comment by hacques — April 18, 2016 @ 3:06 am

  44. hruz milih teman/pcr itu susah!!!….nyatanya gue ngalamin sndri…,gue pnya temen racing nmanya ulya,dn pcr gue nmanya ellyn…tmen gue tu aslinya ska sma shabatnya pcr gue,lah mlh tmn gue gk ska lg sma shbat pcr gue….mlh suka sma pcr gue,gue ya hnya bisa senyum” smbil bilang jdi’in pcr lo aj skalian gpp kk,ntar gue sndri aj….,mlmnya tmn gue sms pcr gue…gue d sruh mtzin pcr gue…gue mah ya nurut aj,gg ad pilihn lain..toh gue jg orangnya penurut&pendiam…mau buat ap lg…y akhirnya gue mutuzin pcr gue+pcr gue jd pcrnya tmn gue….

    Comment by Dw3x#63 — April 27, 2016 @ 11:24 am

  45. bilang ke temen kita kalok kita udah jadian sama mantan pacarnya itu harus gak sih? dan btw apa yang harus kita omongin? dan caranya itu loo gimana?

    Comment by indahour — May 18, 2016 @ 4:37 pm

  46. Hanya orang yang berotak dangkal berperasaan bahwa teman makan teman karena hati bukan soal kamu siapanya dia dan dia siapanya kamu

    Comment by faefaya anisa — June 18, 2016 @ 1:10 am

    • setuju hanya yang berotak dangkal membuat pernyataan tentang menyatakan sesuatu secara ambigu sehingga menghilangkan kemampuan siapa siapa yang membacanya untuk mengetahui apa yang dimaksudkannya jika tanya siapanya ya kamunya

      Comment by hacques — June 18, 2016 @ 5:48 am

  47. ka,kalo cerita gue,,gue yg ngebantu sahabat gue jadian sama si dia,terus mereka putus,dan si dia nembak gue,awalnya gue trima karna gwe jadian sama dia 1minggu sesudah dia putus sama sahabat gwe,dan gwe ngga pernah kotekan sama dia waktu dia pcrn sama sahabat gwe,dan w taunya shbt w udh g cinta lg sama dia,,tp trnyata dia masih sayng sama dia dan ngatain gwe katanya gwe tega sama tmen sendiri,,akhirny w mutusin pcr w krn tmtn tmn gwe ngatain gwe TMT, w g mau ngerusk persahabatn,dan w NGRASA bersalh krna dulu w yg jomblangin masa setelah mereka udh putus malah jadian sama gue,,,awalnya gwe sedih tp y udh lh gwe ikhlas,,menurut lo yg gwe lakuin ini bner ga ??

    Comment by lia — July 12, 2016 @ 1:58 am

    • Salah.

      Yang bener adalah kalo kamu lanjut pacaran sama si pacar ini. Apaan sih masa putus cuman gegara omongan mantan rese.

      Bayangin, cuma gegara omongan orang masa hubungan langsung diputusin gitu aja? Sejauh mana rasa sayang kamu sama si pacar ini? Berarti perasaan kalian main-main doang dong? Karena nggak cukup kuat ngadepin omongan seekor mantan jelata.

      Dengan si mantan ini ngomong temen makan temen, itu berarti dia nggak pengen menderita sendirian jadi ngajak kalian. Abis itu kalian berdua sama-sama nangis sementara dia ketawa hahahahaha rasain lu…

      Sana ajak balikan pacar kamu.

      Comment by hacques — July 12, 2016 @ 2:15 am

  48. tp gwe g enak sama tmen gue karna dulu gwe yg ngejomblangin mereka..
    dan gwe putus juga karna semua orang ngatain gwe gituh…
    dan sayang nyah gwe baru baca artikel loh setelah gwe putus sama dia:'(
    tp y ngga pp lh mksh y ka atas masukanya:’)

    Comment by lia — July 12, 2016 @ 5:26 am

    • Hehehehe, next time dah tahu lah ya mesti ngapain kalo ngadepin hal serupa😀

      Dan kalo seneng sama seseorang, jangan dicomblangin ke orang lain, rugi bandar. Sergap sendiri dari awal laaa….

      Comment by hacques — July 12, 2016 @ 5:42 am

  49. y mksh yh..:’)kalo mau baca artikel lo yg lain caranya gimana?

    Comment by lia — July 12, 2016 @ 7:12 am

  50. Makasih banget, serasa ada yang ngertiin perasaan saya. 😀😀😀

    Comment by lutfi — August 11, 2016 @ 1:34 pm

  51. haha, gue setuju, boleh2 aja pacaran ama mantan pacar temn, kan temn bukan sahabat 😜 karena gue sekrang jga pacaran sama mantan pacar tmn , tp kalo pacarn sama mantan pacar sahabat, kayanya mikir2 dulu deh 😆

    Comment by Novita — October 17, 2016 @ 11:09 am

  52. Artikel yang cerdas. Makasih

    Comment by edo — November 19, 2016 @ 8:46 am

  53. setuju bngt artikel nya. temen gak punya hak buat marah saat mantan nya jadian ama kita. tohh mreka juga udah putus. kecuali klo mreka msih punyo hubungan,dngn lo tikungg,itu bru tsadestttt!!! dangkal bngt otak kalian klo gk ngebolehin mntn pcrn sm tmn. tohhh.. jomblo itu juga bekas mntn org kelesss. begokk dehh mreka yg bgitu,yupss smua org jg punya mntn dan mreka gk adahak ngbtsin mntn buat buka lmbrn bruu. wkwk cewe kardus bnrr yg bgitu

    Comment by febiooola — November 20, 2016 @ 2:25 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: