Can’t Resist Lust

January 28, 2006

Cyber Love

Filed under: Love in Daily Life — hacques @ 9:11 pm

Nah… Sekarang waktunya bahas Cyber Love!
 

Cinta itu bisa terjadi di mana saja dan dengan media apa saja. Bahkan lewat internet.
Chatroom, forum, milis, messenger, friendster, LC, atau apalah… banyak media yang memungkinkan Cyber Love untuk tumbuh.
 

Kita bisa jatuh cinta dengan orang yang berada nun jauh di seberang laut sono… yang terpisah jarak ribuan mil (chieh!) jauhnya.
 

Tapi… jatuh cinta di dunia maya memiliki banyak sekali faktor yang harus diwaspadai, soalnya ‘kejadiannya’ kan di dunia maya, jadi….
 

Jangan-jangan cinta yang dirasakan juga nggak nyata alias virtual…
 

 Apa Kemungkinan Buruknya?
 

Yang namanya jatuh cinta itu memang nggak bisa ditahan, diatur atau direncanakan, kecuali kalau memang cinta bisa direkayasa (duh, kayak lagu dangdut gini). Tapi biar gitu juga kita mesti hati-hati, soalnya ada beberapa kemungkinan kalau…
 

Dia bukan orang yang kita bayangkan
Bisa saja dia nggak sebaik yang kita kira, dan cara ngomongnya nggak sesopan atau semanis kalo lagi chatting ama kita. Dan bisa aja dia ngakunya guanteng atau cuantik kayak makhluk apalah yang terbagus yang bisa kamu bayangin, tapi gimana kalo ternyata dia itu botak, gendut, jerawatan, ngomongnya kasar, atau yang ‘aneh-aneh’ lainnya…. Duh, biasanya ini berlaku buat yang doyan chatting ama bule.
 

-Dia Cuma iseng-iseng
Bisa saja dia ternyata memang doyan TePe alias Tebar Pesona di internet. Biasanya karena di kehidupan nyatanya justru nggak pede tuh… ^^ (bercanda, nggak mutlak kok biarpun gw yakin pasti ada yang membenarkan pernyataan ini)
Atau sebaliknya, dia sudah kelewat populer di dunia nyata sehingga merasa bosan dan mencoba mencari mangsa baru di dunia maya.
Jadi kalo kamu punya ‘pacar nggak jelas’ di internet… hati-hati, siapa tau kamu Cuma salah satu dari sekian ‘pacar on-line’-nya)
 

-Dia berniat jahat (duh, amit-2!)
Nah, yang ini memang serem banget, tapi perlu dibaca karena ini juga salah satu resiko dari Cyber Love yang paling besar. Bisa saja dia berniat memanfaatkan atau menipu kita. Untuk penjabarannya gw rasa nggak terlalu perlu, karena pasti sudah pada ‘sadar’ semua soal yang satu ini.
Banyak banget kasus di Amerika Serikat mengenai sindikat paedofil atau yang aneh-2 lainnya gara-gara internet disalah gunakan dengan cara ini…
Tapi gw percaya lah, anak-anak sini nggak ada yang kena yang kayak gitu.
 

 

Gimana Biar Nggak Kejebak?
 

Gw nggak ngelarang buat menjalin Cyber Love. Tapi Cuma pengen ngasih tau rambu-rambunya aja…
 

         Jangan terlalu serius menanggapi obrolan iseng yang menjurus. Kalo dirayu nggak usah dianggap serius. Soalnya belum tentu Cuma sama kamu dia ngomong gitu.
         Nggak usah curhat berlebihan, ngasih no hp atau telepon boleh dilakukan kalo dirasa udah deket banget. Hati-hati berbagi informasi pribadi kecuali kamu udah yakin banget kalo dia bisa dipercaya.
         Sadar kalo kita berhubungan dengan makhluk ‘asing’ penuh kepalsuan. Ya iyalah… kita juga disini pada pake ‘nama palsu’ kan? ^^ Dan satu lagi… avatar bisa menipu!!!! (Gw berkali-kali shock gara-2 avatar!! Jangan dikira kalo avatarnya ganteng lantas orangnya ganteng juga… kemungkinannya kecil!
         Kalo mau ketemuan sebaiknya rame-rame alias gath-an. Selain itu pastikan dia udah ngirim foto yang asli ke kamu. Kan nggak lucu kalo dia ngirim foto Brad Pitt tapi orang aslinya mirip Ucok Baba? Pingsan.
         Be Careful….biasanya dari sekian informasi yang dia kasih, nggak sampe 100% yang benernya. Kalo gw sih, biasanya ngomong jujur, tapi nggak semua gw kasih.
 

Hubungan Beresiko
 

Nah, sekali lagi nih… buat yang jidatnya udah bener-bener kena sambit sama Cyber Love ini…😀 gw kasih tahu resikonya… kalo kamu beneran nekat, siap-siaplah untuk…
 

– Nggak bisa ketemu sama doi.
Karena dia tinggalnya nun jauh di seberang laut sana…apalagi kalo di seberang benua. Kalo masih di Indo sih mending, bisa YM-an ato ngobrol leluasa di forum, lah kalo dianya ada di belahan bumi lain? Misalnya di Ethiophia ato di Mesir ato di Suriname…
 

Kan nggak lucu kalo pacaran medianya canggih tapi gayanya mirip orang jaman dulu…surat-suratan!!! Karena repot nentuin jamnya kalo mau YM bareng kan? (ngetik sambil ngakak…soalnya ini kejadian sama temen gw… tiap akhir minggu dia ngirim e-mail sepanjang puluhan halaman Ms Word buat dikirimin ke ‘yayang’-nya yang ada di Eropah…dan tiap awal minggu selalu siap nge-net buat ambil balasan dari si yayang.
 

Dia bisa leluasa selingkuh
Ngekh… amit-amit deh kalo kita disini mati-matian buat setia sementara dianya enak-enakan ngelaba di sono…  Namanya juga makhluk hidup, pasti dia sama juga kayak kita, berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Siapa coba yang mau ngejamin kalo dia bakalan setia sama kamu yang berada di seberang laut sementara di sekitarnya banyak cewek cakep atau cowok ganteng yang seliweran sana-sini? Dan yang terpenting, ce atau co yang ada di sekitarnya itu bisa dia lihat dan dia ajak jalan kapan aja!!!
 

Biaya bo…biaya!!!
Yoohoo… silakan itung biaya yang dibutuhkan untuk pacaran jarak jauh lewat internet! Nggak perlu gw jabarin panjang lebar soal yang ini, pasti udah pada ngerti kan? ^^
 

Capek hati
Malem minggu sendirian, nggak ada yang bisa diajak jalan, nggak ada yang bisa nemenin main, nggak ada yang bisa diliatin tampang cakepnya, nggak ada yang bisa digandeng, nggak ada yang bisa dicium….
 

Dia selingkuh apa nggak ya… Jangan-2 dia punya pacar baru disana…jangan-jangan dia lagi sakit sekarang… kapan ya bisa ketemu lagi…2 tahun lagikah?
 

Hueh, kalo kamu mau nekat juga… silakan lewati resiko yang satu ini. Percaya deh, ini yang terberat. Gw sendiri nggak akan tahan ngadepin yang beginian kecuali co-nya bener-2 ‘sayang untuk dilepas’…
 

Eit, Nggak Cuma Yang Jelek Aja Kok!
 

Tenang aja. Nggak berarti Cyber Love itu nggak mungkin bisa jadi kenyataan kok. Udah banyak pasangan yang bisa memetik keuntungan dengan adanya internet sebagai sarana untuk ‘menghilangkan’ jarak terbentang.
 

Contohnya, ada salah seorang sepupu gw, dia ketemu sama cowoknya lewat chatroom di internet. Mereka jadian dan jalan bareng terus karena kebetulan satu kota alias sama-sama di Bandung. Mereka langgeng sampe sekarang, sewaktu sepupu gw lagi sekolah di Aussie, cowoknya masih setia main ke rumah dia setiap malam minggu, setor muka sama camer sekaligus sebagai bukti kalo dia nggak malem mingguan sama cewek lain (sering gw ledekin sebagai ‘bukti kesetiaan’). Dan internet adalah fasilitas yang bisa tetap menghubungkan mereka sampe sekarang.
 

Banyak juga pasangan yang bisa melanjutkan hingga jenjang pernikahan dengan diawali saling bertemu di internet, meskipun jarak terbentang jauh. Dosen gw ketemu sama istrinya lewat milis anime-manga. Mereka langgeng sampe sekarang.
 

And gw sendiri termasuk makhluk yang merasa bersyukur dengan keberadaan internet. Kehidupan gw berubah total sejak masuk sebuah forum game. Dan selanjutnya sampe sekarang gw menyukai lingkungan tempat gw bergaul di sebuah forum. Gw juga ketemu sama soulmate gw… memang sih, bukan lewat forumnya, tapi lewat seseorang yang gw kenal di forum, lalu gw dikenalin sama dia. Thanks to the internet technology…
 

Naah, jadi gimana?
Mau tetap ‘nekat’ menjalin Cyber Love atau gimana? Silakan putuskan sendiri ^^.
Kalo saran dari gw sih, lebih baik menjaga hubungan lewat internet daripada berhubungan lewat internet.
 

Ngerti maksudnya nggak? Kalo menjaga hubungan lewat internet itu berarti kita udah punya pacar beneran di dunia nyata yang ‘terpaksa’ berpisah karena salah satu harus pergi jauh ke antah berantah dimana internet adalah satu-satunya alat penghubung kita dan dia.
 

Kalo berhubungan lewat internet… ya… punya pacar yang nggak nyata. Kan malu banget kalo kamu udah promosi abis sama temen-2 kamu kalo pacarmu itu ganteng, baik, kaya, pinter… dan pas ketemuan ternyata dia itu berwajah ala (bayangkan yang paling mengerikan), udah gitu dianya udah tuir abis…(oom-2, atau yang terparah, kakek-2!) waduh… pengen ditelen bumi aja deh rasanya…
 

Tapi lain ceritanya kalo makhluk aslinya emang cakep beneran. ^^!
Dan menurut gw menjalin Cyber Love lewat forum lokal resikonya lebih kecil daripada Cyber Love sama bule. Soalnya selain lebih ‘terjangkau’ alias masih di Indo, frekuensi ketemu dan modal yang diperlukan lebih bisa diatur.
 

Oke deh… bahasannya Cyber Love selesai disini.
Ada yang punya kisah sukses Cyber Love? Silakan ceritakan juga!
 

24 Comments »

  1. Gw dulunya mengharamkan diri buat cyber love.
    Yang pertama, sudahlah bodoh banget. Muka g jelas, modal g ada (pulsa jarang isi OMG), selamat tinggal saja.
    Ada orang lain lagi sih tapi gw anggep dia lebih ke best friend forever (BFF). See what my fate will be.

    Comment by calupict — February 1, 2006 @ 6:19 am

  2. Kalo yang pertama gw emang dari awal udah kagak yakin…😀

    Kalo yang sekarang mendingan jalanin aja dulu. Soalnya dari pihak yang co-nya sendiri kayaknya masih adem ayem aja.

    Gw sangat setuju kalo lo mau mengarahkan hubungan yang sekarang menjadi best friend forever.

    Terkadang ada jenis-jenis manusia yang sebaiknya nggak dijadikan pacar atau pasangan, karena ada posisi tertentu yang memang khusus diperuntukkan bagi dia dalam hidup kita.

    Makanya gw sebisa mungkin nggak mau pacaran sama Reys, soalnya tiap kali gw putus nggak pernah putus baik-baik, pasti jadi musuh.

    Gw sayang banget sama makhluk itu, dan gw nggak mau kehilangan dia sampe kapanpun, kalo bisa gw mau dia tetep jadi sahabat gw sampe kita masing-masing udah punya kehidupan sendiri (a.k.a menikah dan berkeluarga).

    Bukankah hubungan yang seperti itu yang lebih dalam dan bermakna?

    Comment by hacques — February 1, 2006 @ 6:37 am

  3. Gw g haramin dia buat hubungan kayak gitu. Soalnya gw sering ngeliat kalo orang pacaran justru g bisa jujur. Padahal dalam suatu hubungan kejujuran itu penting.

    Comment by calupict — February 1, 2006 @ 6:50 am

  4. Saya ga pernah Kopi Darat dari hasil Chatting, FS dan sejenisnya. Temen saya ada yang kopdar dan ternyata seperti yg kamu bilang: aslinya ga seperti di chatting/FS.
    Salam kenal…

    Comment by Doan Ilman Munandar — February 19, 2006 @ 4:19 am

  5. been there done that🙂

    ya kalo udah tau resikonya dan tetep itu bisa di-compromise… ya tetep jalan aja trus! toh kalo memang ngga workout ya ngga usah terlalu dipaksain kan? hehehe🙂

    Comment by -dodSKi- — February 25, 2006 @ 10:28 am

  6. Bener… Cyber Love itu kebanyakan buat orang iseng. Malah ada yang ganti nama icon Y!M di warnet langganan saya jadi ‘kencan online’. Ntah apa. Tapi saya punya kok temen baek dari internet. Udah 2 taon temenan dan kayaknya dia lebih ‘sejati’ dari temen-temen saya yang lain ^_^

    Comment by Fou-Lu — March 5, 2006 @ 5:11 pm

  7. gegegegegegeg cyberlove ???
    ach sooo …
    skepticism read…
    but always expect the unexpected !!

    (a.k.a angel_o_blue @dalnet #malang)
    gooo chatter gooo!!!🙂

    Comment by nk — March 29, 2006 @ 10:32 am

  8. terus terang ya.. gw termasuk org yg gampang jatuh cinta.. nda setelah gw kenal interent, waduh gila banget gw jatuh cinta ma mahluk yg ada di Kuwait, mulanya gw tau dia dri Love happens, emang sih.. pertama kali gw liat.. gw dah suka.. trus mulanya kita kirim2 an email n foto – untungnya di kantor gw online seharian so.. gw bisa chating n liat tampang nih mahluk langsung. dan entahlah dimulai drimana yg jelas kita berdua lgi jatuh cinta.. n yg jadi masalah.. dia jauh bo… hik.. hik.. hik… kalau gw kangen.. ga bisa ngapa2in.. pling cuma imajinasi aja.. dia sih janji mo datang, tpi entah kapan.. n setelah gw baca situs ini.. gw jadi rada sadar dikit bahwa.. cinta bisa nyebrang laut tapi juga klo kita ga punya perahunya.. gimana mo nyampe.. alamak.. gw jatuh cinta ma dia beneran nih.. mpe ke lubuk ati yg paling dalam banget. gimana ya???

    Comment by nur — October 17, 2006 @ 3:57 am

  9. cyber love..
    gw juga lg ngalamin nih lewat game ol si, n kita pacaran dah 3 bulan. gw sayang bgt ma dy walaupun gw gk pernah ketemu tapi gw dah merasa milikin dy, sehari aja sms an lebih dari 20 kali. kalo sabtu minggu ol bisa seharian. bener gk sih cinta kaya gini? tapi gw dah percaya bgt ma dy, dy juga gitu dah sayang bgt ma gw. dy d semarang gw d jakarta, deket sih tp lom isa ketemuan nih T_T mungkinkah hubungan ini akan bertahan???
    gw coba wat setia ma dy, tapi gw juga takut dy disana gk setia alias selingkuh hiks..hiks..

    Comment by acha — December 17, 2006 @ 10:05 am

  10. I search female 22-40 years for serious until marriage please fell free to contact : +62-81806031664 attn: MR. Kristanto

    Comment by Kristanto — June 29, 2007 @ 7:46 am

  11. aku kan cow, dan udah pernah dapat cew 2 selama aku kuliah dibandung. ke dua2nya orang jakarta. easy going aja, dianya malah yang kebandung, terus kita enjoy the time……

    so, jalanin aja selama kita enjoy.

    Comment by roy — October 25, 2007 @ 7:27 am

  12. hmm..kalau ngomong soal cinta, menurut gw susah dicocokin sama teori. gw orang yang keras, sempet gw tertawain orang2 yang jatuh cinta via internet. selalu gw jaga hati gw untuk hal yg menyangkut cinta. Eh taunya, gw juga ngalemin, demen ama someone lewat internet. constanly he is on my mind, gw ga tau kapan dia datang, dunno how to make him out of my head. kaya virus aja, tau2 dapet aja, dan bikin bad sector di memory otak gw. bikin gw berpikir lambat, coz he bother my mind. parahnya pas otak gw mikir and tau kayanya ini ga mungkin…hati gw menentang buat ngelupain dia. let it flow aja la…liat ke depannya gimana…
    love is blind!!

    Comment by dreamer — January 2, 2008 @ 6:02 am

  13. aq jg punya someone yg amat precious buat q di cyber-world, udah dicegah jgn ampe jadi kyk gitu, tp gagal jg. cemburu tiap liat dia chat ma cewe lain lah, ga bisa berhenti mikirin dia lah, semunya jd ngebuat aq sensi banget plus melankolis abis, parah bgt. tp mo gimana lagi.. i hope time can make him go away from my heart and mind.

    Comment by stupidgirl — January 27, 2009 @ 6:58 pm

  14. waaahh… Sedihnya aku ngalamin cyber Love.. gimana yah ngilanginnya. Abhisnya dya jauh bo.. Terus aku nggak percaya 100 % ma dya.. apa dya serius apa nggak.. orang nggak keliatan.. tapi merasa kehilangan juga kalo dya nggak Online.. Gimana nieeehhh..?????

    Comment by Nia — February 8, 2009 @ 6:33 am

  15. beuh…cyber love y,prtma sih w g prcya ma gtuan n w sllu ngtawain tmn2 yg kna tuh virus…..eh thu2ny w mlah kna jg ma tuh virus..sial abiz dah,w pacaran ma dy hmpir 3bulan n qta jg dah kopdar…tp mslahny tuh hub qta slah cz qta pny psangan ddnia nyata so bs dktakan qta slingkuh gt dweh,hmmm saking sayang w ma love cyber tu…w ninggalin cow w n w nolak dtunangin…eh thu2ny love cyber w mlah ntar lgi mw maried….duuuh ancuuur bgt hti w,w saranin ma klian smua…jgn brhrap yg g psti n g sah maen prsaan dlm dnia gnian..heee,skit ati lom smbuh nih…sedihny:((

    Comment by lonely — March 7, 2009 @ 1:46 pm

  16. Awalnya gw suka ngatain temen yang pacaran di dunia maya (mereka pacaran by phone), ee, gw ketempa virus itu jg.
    Gw kenal ni cow dr chat room thn 2003(he’s vietnamese but lives in Sydney), krn gw sibuk kuliah and kerja, qt putus hubungan. Tp awal thn ni qt nyambung lagi.Buntutnya dy blg klo dy in love ma gw. Saat itu sie gw blg, klo gw cuma suka ma dy. Tp lama kelamaan, jd cinta. Logika gw tetep jln, qt slalu chat pke webcam, kirim email dan SMS tiap hari, bahkan tiap jam.Bahkan gw cek tempat tinggal dan kantor dy pke Google Earth.Sampai akhirnya gw dpt cukup bukti klo dy serius dan ga boong.And you know what, qtmo tunangan November tahun ni..

    Comment by sally — August 17, 2009 @ 12:13 pm

    • Hallo Sally!!!

      Waaaaaaa, selamat yaaaaa ^^ Gw ikutan seneng pas baca cerita kamuuu😀

      Cyber Love emang tricky yaa, kemungkinannya emang kecil, tapi gak sedikit juga cerita mengenai kesuksesan menjalin hubungan lewat dunia maya.

      Salut buat kalian, karena bisa mengatasi kendala jarak dan komunikasi dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana yang jujur, tidak menutupi kenyataan. Nggak banyak orang yang bisa berhasil membuka diri sejujur kalian berdua🙂

      Semoga langgeng, semoga lancar, gw doakan yang terbaik untuk kalian ^^

      Salam,

      Hacques Reird

      Comment by hacques — August 18, 2009 @ 2:11 am

  17. aq skrg gy jlnin th yg nmanya cyber love, udh mw 1 taun tapi lom sempet ktmuan cz jarakny itu loh,,
    semua yg di bahas th emang bener, kdg aq sk k pkir, k0q bisa y pnya prsaan ma org yg qt kenal d dumay, nd kdg ska susah jg nglupain ny, (hiks hiks…)

    Comment by shaa — July 5, 2010 @ 12:11 pm

  18. saya hanya memerlukan bahan tentang cyber love untuk presentasi di LIA intermediate 2
    I only need statement about cyber love for my presentation in LIA intermediate 2

    Comment by alferi yoda — August 12, 2010 @ 8:07 am

  19. Tao gk ci??
    Gw skrg lg nglamin cyber love ni sma cwok yg GANTENG BGT..
    Tpi gw gk yakin gw bsa ktmuan ama dy, coz dy tigal d Turki nan jaoh d mato..😦
    stiap hr gw ama dy slalu ngbrol d FB..
    Dy slalu manggil gw dg sbuTan “MY STAR”.
    Demi gw, dy sring tdur telat cm bwt nungguin gw oL (Indo and Turki beda wkt 5 jam, jd kLw d sni pagi, d sna msh mlam, sdangkn gw emg hobi OL wkt subuh)
    Demi gw, dy jd sring bljar bhs Indo lwt google translate. Mskpun kLimat bhs indo yg dy buat acak2an, tp gw ttep sneng. Stidaknya kan dy udah usaha.
    Dy suka curhat jg ttg kLuarganya. Dy jg bilang Dy sring nyeritain ttg gw k nyokapnya.
    Hikz.. Mnurut x-an apakh mgkin gw bsa ktmu ama dy??
    Tdinya ci gw brencna bwt ikut beasiswa bljar d TURKI slma 1 th dmi pngen nemuin dy, tp trnyta d sana itU gak boleh pke JILBAB!!
    Uh lgsung batal deh niat gw bwt ikt beasiswa itU!!

    Comment by Dwi aza — August 18, 2010 @ 11:21 pm

  20. gue lagi cyber love sama cwo..
    dia disana jauh banget😦
    orangnya baik sampe sekarang kita rajin banget webcam’an..
    tapi setiap chat biasa, dia selalu lancar ngbrl..
    pas webcam’an dia cuma ngeliatin gue doang tanpa ngmg sedikit pun. kadang senyum senyum trus matanya kaya berkaca kaca ga jelas gitu. itu kenapa ya??
    gue juga jadi diem waktu webcam’an. kaya ngerasa pengen nyentuh tapi ga bisa, sedih😦

    Comment by hathway — September 16, 2010 @ 4:33 am

  21. hi guys…
    this is my first experience in cyber love…
    mungkin ini karma x ya,, karna gw sering bgt ngasih nasihat ke tmn gw yang tergila-gila sama “co mayanya itu”. gw sempet berfikir itu nonsense.. tpi gw sendiri yg sekarang alamin hal itu… pertama x ketemu di games Ol… dia orang amrik tpi kuliah di UK…
    gw harus gimana ya??? gw bingung sama perasaan gw sendiri… gw ga mau larut dalam hubungan ini,, tpi semankin gw batasin hub ini, gw semakin ingin knal dy lbih lanjut…. please help me..🙂

    Comment by riezka — October 31, 2010 @ 3:32 am

  22. jangan permainkan cinta di dalam berchatting kadang ada yg serious dan jangan membikin mengarapkan sehingga orang tsb mengharapkan dari kamu,,,,begitulah orang yg suka berchatting ingin sepert itu juga,,,sampai dimana kelemahannya yg bisa dia dapat

    Comment by NOVITA KRISHNAMOORTHY — January 23, 2011 @ 9:45 am

  23. wah informasi yang sangat bagus, dan bermanfaat, memang kita harus berhati2 dengan cyberlove…..meski begitu suami saya sekarang adalah teman milis ,dan kami menjalin persahabatan setelah bertemu dirumah saya, tentu ada orang tua saya, dan alhamdulillah tema pembicaraan kami bukan rayu merayu atau ngegombal sana sini, tapi cenderung pada diskusi keilmuwan.

    Comment by henydwi — June 5, 2012 @ 2:05 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

