Can’t Resist Lust

December 9, 2005

Kiss Kiss… what’s on kiss, actually?

Filed under: Love in Daily Life — hacques @ 5:36 pm

Kissing is passion and romance and what keeps people together. Begitu kata William Michael Cane, penulis buku The Art of Kissing. Jelas maksudnya bukan ciuman di pipi, jidat, atau tangan, tetapi ciuman bibir yang sering dilihat dalam film-film.

 

Actually… what’s on behind the kiss?

 

– Tanda Sayang
Buat yang lagi punya pacar, ciuman umumnya dijadikan tanda sayang antara cewek dan cowok. Tapi karena faktor usia, maka bagi yang masih remaja seringkali hormonnya bekerja lebih ‘semangat’ dibandingkan otak. Jadi, apa yang awalnya Cuma ciuman biasa bisa berakhir dengan hal-hal yang lebih jauh. Makanya harus hati-hati.

 

– Kenapa Manusia Senang Berciuman?
Saat berciuman, otak melepaskan hormon oxytocin , vasopressin, dan neuropinephrine yang akan menimbulkan rasa tenang dan damai. Sama dengan perasaan seorang ibu saat menyusui anaknya. Ciuman bisa membantu mengusir stress karena saat berciuman kita merasa ada seseorang yang benar-benar peduli dengan diri kita. Nggak aneh kan? Bahkan ada lagu Strawberry Kiss Kiss yang dinyanyikan oleh sebuah band asal Jepang yang liriknya menggambarkan keinginan seseorang untuk dicium.

 

– Antibodi versus Kissing Disease
Berciuman menggunakan lidah (a.k.a french kiss) juga dapat menyebabkan pertukaran virus antara dua orang. Paling umum sariawan dan flu. Mungkin juga rabies, tapi ngapain juga ciuman sama orang rabies?

 

Tetapi, lewat ciuman juga bisa meningkatkan sistem antibodi dalam tubuh. Tapi jangan keburu senang dulu. Pertukaran virus ini dapat juga mengakibatkan penyakit mononucleosis yang sering disebut sebagai kissing disease. Disebabkan oleh virus Epstein-Barr yang menular lewat saliva (air liur) pada saat berciuman. Pada orang yang memiliki kekebalan tubuh tinggi, paling hanya menyebabkan demam.

 

Dan buat yang punya bawaan alergi, ciuman juga bisa berbahaya. Makanan yang kita makan masih ada pengaruhnya selama 6 jam di dalam mulut. Jika pacarmu alergi seafood sedangkan kamu baru saja makan kepiting, sebaiknya jangan berciuman dulu. Kasihan dia karena alerginya bisa kambuh.

 

Untuk menghindari hal itu, biasakan gosok gigi yang bersih, kumur-2 sehabis makan, dan rajin pakai mouth freshener (highly recommended!)

 

 

Kissing Trivia
 

  1. Landak Kanada di musim kawin senang mencium pasangannya tepat di mulut. Hehehe, landak aja bisa romantis…

 

  1. Menurut penelitian di Jerman, seseorang yang terbiasa mencium orang yang mereka sayangi (Ayah, Ibu, saudara, bahkan binatang peliharaan) sebelum berangkat beraktivitas, memiliki angka harapan hidup 5 tahun lebih lama dari mereka yang tidak melakukannya. Karena ciuman pagi hari bisa menimbulkan perasaan bahagia dan mengurangi stres yang memicu panyakit

 

  1. Menurut sejarah, bentuk ciuman sederhana antar manusia yang pertama kali pernah dipublikasikan ada di India tahun 1500 SM. Ciuman ini dilakukan dengan cara menempelkan dan menggosokkan hidung satu sama lain. Mirip cara berciuman orang Eskimo, Polynesia, dan Malaysia.

 

  1. Banyak peraturan aneh tentang ciuman di dunia. Di Italia abad pertengahan, ada larangan berciuman di depan umum, walaupun Cuma cium pipi. Jika ketahuan maka akan disuruh menikah saat itu juga dengan orang yang dicium atau yang mencium (wuih, enak banget… ) Sementara di Indiana, cowok berkumis dilarang keras mencium sama sekali (ngakak, sementara pikiran melayang ke seseorang). Di Cedar Rapids, Iowa, ada larangan untuk mencium orang asing yang tidak dikenal (iyalah, siapa tahu alien).

 

  1. Jerman adalah satu-satunya negara yang punya 30 kata dalam tata bahasanya yang menerangkan tentang ciuman. Mereka bahkan punya istilah nachkuss untuk jenis ciuman yang belum pernah diberi nama sebelumnya, meski sebenarnya ciuman ini nggak beda dengan goodnight kiss.

 

  1. Rekor ciuman terlama di dunia adalah 417 jam.

 

  1. Tradisi kiss-bye saat akan berpisah ternyata telah dilakukan sejak tahun 3000 SM oleh bangsa Mesopotamia kuno. Tradisi ini dilakukan sebagai tanda hormat kepada dewa-dewa mereka.

 

  1. Tradisi lagi nih, para ksatria dari zaman abad pertengahan selalu mencium pipi kanan dan pipi kiri istri mereka setiap pulang dari perang atau bepergian jauh. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah istri mereka tidak berpesta atau mabuk mabukan selama ditinggal suaminya.

 

  1. Masyarakat Romawi kuno mempopulerkan tradisi ciuman sebagai tanda penghargaan. Mereka selalu mencium mata, pipi, atau bibir setiap kali bertemu dengan kenalan dekat atau kerabat sebagai tanda keakraban. Mencium tangan atau cincin dilakukan kepada orang yang mereka hormati. Tradisi ini masih berlaku di Eropa, seperti orang Prancis yang mencium pipi kanan dan kiri sebanyak 2-4 kali setiap bertemu kenalan dekat.

 

  1. Penghargaan tertinggi bagi rakyat Rusia adalah jika mendapatkan ciuman dari Tsar mereka. Di Afrika bagian tengah, rakyat akan merasa sangat beruntung jika dapat mencium tanah yang dilalui pemimpin mereka.

 

  1. Di zaman Victoria, cowok harus mencium tangan cewek setiap kali mereka bertemu sebagai tanda hormat.

 

  1. Ciuman yang penuh perasaan dapat membakar 20 kalori per menit. Tapi jangan dipakai untuk terapi diet ya.

 

  1. Nama ilmiah dari ilmu yang mempelajari tentang ciuman adalah Philematology.

 

 

Hormon-hormon yang mensupport saat jatuh cinta
 

Ada beberapa hormon yang bertanggung jawab dalam membuat manusia jungkir balik saat jatuh cinta selain sang hormon utama phenylethylamine. Antara lain

 

Pheromones

Sama persis dengan yang diproduksi oleh ratu lebah untuk mengenali jenis lebah dari kawanannya, kalau kamu naksir seseorang, maka tubuh akan secara otomatis mengeluarkan wewangian khusus. Dan jika yang ditaksir merasa cocok dengan wangi tersebut, maka cinta pun akan berbalas.

 

Oxytocin
Hormon yang membuatmu merasa ingin selalu dipeluk atau dicium oleh orang yang kamu sukai. Sangat berpengaruh dalam mendekatkan hubungan.

 

– Vasopressin
Hormon yang mempengaruhi tingkah laku seksual seseorang, dan tingkat kesetiaannya. Semakin tinggi kadar vasopressin, maka orang tersebut akan semakin setia pada pasangannya.

 

Dopamine

Pernah dengar istilah bahwa orang akan terlihat bersinar, tambah cantik jika sedang jatuh cinta? Hormon inilah yang bekerja pada tampilan fisik sehingga membuatnya menjadi seperti itu. Jadi jika ingin terlihat lebih cantik atau bersinar, jangan ragu untuk jatuh cinta.

 

Neuropinephrine

Hormon pemicu semangat, memicu aliran darah untuk mengalir lebih cepat sehingga tubuh merasa enerjik dan gembira. Karena hormon ini maka orang yang sedang jatuh cinta akan merasa happy dan cerah ceria terus.

 

 

Okay, what else… any question? Now, just kiss someone you loved most, don’t wait any longer! ^^

 

17 Comments »

  1. hem …
    boleh juga artikelnya
    hehehehehe … ^_^

    Comment by Zhee — May 10, 2006 @ 7:40 am

  2. artikelnya mayan bagus..biar anak remaja nga terlalu kebawa nafsunya kalo uda ngebaca artikel ini..thanks

    Comment by adit — September 7, 2006 @ 9:04 am

  3. Keren…wah ada penyakitnya ya…adudaaaa..wah harus dikit ati2 nih klo pasangan lagi kena flu…hihihihi…tapi artikelnya keren juga…goood

    Comment by konconebudi — September 10, 2006 @ 12:20 am

  4. bagus kok artikelnya.aku suka ini, bisa nambah pengetahuan tentang ciuman.dari ciuman aja dpt pengetahuan byk buanget.

    Comment by ima marwati — October 4, 2006 @ 7:36 am

  5. asik euy baca artikel ini,beda gitu ama yang laen,,,awas hati hati pasangan kalian rabies,,,,,,,,,,hehehehehe

    Comment by chinonk — October 31, 2006 @ 9:10 pm

  6. Ya……. bagus-bagus dikit lah, lebih baik kita memberi ciuman pada kekasih di lehernya nanti kesannya gimana gitu ya…….? dulu aku pernah melakukannya, kekasihku minta lagi…lagi…lagi…dan laagiii
    MR. HP

    Comment by INSANE PLAYBOY — November 2, 2006 @ 1:41 pm

  7. WEEELEEEK POOOUUULLLL KOMENTAR NO 7 BACAANNYA TIDAK BISA DIJADIKAN CONTOH BER-KISS YANG SUGAB COY, ATI-ATI>>>.

    Comment by SUCK IT — November 2, 2006 @ 1:45 pm

  8. wah bagusssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss bener tuh tulisan. aku setuju ma itu. gimana dengan yang laen????????????

    Comment by wacky — December 6, 2006 @ 4:19 am

  9. kueren jd bisa tau soal ciuman..baru jadi a good kisser juga he

    Comment by cindy — January 8, 2007 @ 6:31 am

  10. iya..iya… masuk di akal keren, bagusss,kreatif, setuju,
    karena aku ud merasakan yg namanya ciuman, mank bener2,,,, bikin ketagihan,,bukan DUGS aja yg ketagihan lho,,,,malah ini ga akan di giring ma polisi,asal tau tempat n sikon jgn sampe ke gep ma orang,,,he,,he,, huebaaat bgt dech pokoke ma’nyuzzzn ‘MANTAB’

    Comment by Miranda_si kembar — April 6, 2007 @ 7:40 am

  11. mmmm…aq mo tny ne, gmn c cRna nglngin k’biasaan kiss bi2r??
    biasaNa klo kiss ma pcrQ, kami french kiss gt, aq g mo trs2an kyk gn, aq mo ngilangin semua it.
    bls k’mailQ y…..
    thx

    Comment by CINDY — October 1, 2007 @ 3:14 am

  12. wah,bgs jg, scara aku gak prnah berciuman, jadi pgn dee rasanya

    Comment by dimas — December 4, 2007 @ 7:22 am

  13. hmms jadi tahu kalo manfaat kissing hebat bgt…
    ngasih aku bahan buat ujian dsr2 ilmu budaya ku dan juga mmbuatku ingin mncium seseorg..

    Comment by Andhit — December 16, 2007 @ 8:27 am

  14. ihhhhhhhh……bguz bgt d…..bner bgd d pkonya….alna w jga dh nglamin tu yang nmanya CIUMAN…..klo lg ciuman rsanya dunia ini hnya mlik Qt b2…so ciumannya dibiibir ja jan dleher…kan mlu X klu dlyat org…taw da solusinya ne,klu mw ciuman ddada ja…heeee

    Comment by seviandrich — January 29, 2008 @ 1:53 am

  15. Bagus banget artikelnya, nambah wawasan aku,
    orang yang sedang jatuh cinta akan kelihatan lebih cantik karena selain pengaruh hormon Dopamine juga karena orang yang sedang jatuh cinta bawaannya pengen dandaaaaan terus ( pengalaman ), biar pacar tambah sayang, he he he ……………

    Comment by Tuti — February 28, 2011 @ 3:49 am

  16. Kox Isi’nya Kayak di Buku The Biology of Love karya Ali Akbar Navis?????

    Comment by Tiana Hana Aishuru — May 22, 2012 @ 2:52 am

    • Wah entah ya, Ali Akbar Navis nulis bukunya tahun 2010 sedangkan artikel blog ini ditulis tahun 2005 lho.

      Comment by hacques — May 22, 2012 @ 3:14 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: